detikNews
Jumat 27 Juli 2018, 11:59 WIB

Nanti Malam Bisa Nonton Gerhana Bulan di Ponpes Assalam

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Nanti Malam Bisa Nonton Gerhana Bulan di Ponpes Assalam Foto: Mindra Purnomo
Sukoharjo - Gerhana bulan total terlama dalam abad ini akan terjadi nanti malam atau tepatnya Sabtu (28/7/2018) dini hari. Pondok Pesantren Modern Islam (PPMI) Assalam Sukoharjo membuka observatoriumnya untuk umum.

Pembina Club Astronomi Santri Assalam (CASA), AR Sugeng Riyadi, mengatakan observatorium akan dibuka mulai pukul 00.00 sampai 05.00 WIB. Rentang waktu tersebut dinilai cukup lama untuk mengamati setiap fase gerhana.

"Pukul 00.14 WIB itu mulainya, tapi belum terlihat. Baru pukul 01.24 ada kontak parsial. Di sebelah atas bulan agak selatan mulai kehitam-hitaman," kata Ustaz AR, sapaannya kepada detikcom, Jumat (27/7/2018).

Kemudian fase gerhana total akan terjadi pada pukul 02.30 hingga 04.13 WIB atau sekitar 103 menit. Kemudian gerhana parsial berakhir pada 05.19 WIB dan seluruh fase berakhir pukul 06.30 WIB.

Dia menjelaskan, gerhana bulan kali ini disebut-sebut sebagai micro blood moon. Micro karena jaraknya lebih jauh dari biasanya, yakni 406.000 km dari bumi. Sedangkan blood disebabkan pembiasan cahaya matahari oleh atmosfer Bumi sehingga warnanya merah darah.

"Prediksi nanti tidak mendung. Mungkin akan ada awan, tapi terus bergerak, jadi tetap bisa menyaksikan," ujarnya.

Assalam menyiapkan sedikitnya 10 teleskop untuk memantau fase gerhana bulan. Pengunjung pun dapat mengabadikan momen gerhana dengan ponselnya.

"Alat sudah kita seting semua. Kita juga siapkan adapter gadget, jadi pengunjung bisa memotret gerhana dengan gadgetnya," kata dia.

Selain gerhana bulan, Ustaz AR menyebut akan memberikan bonus kepada pengunjung. Penyelenggara akan memfasilitasi pengunjung agar bisa melihat sejumlah planet lain, mulai dari Mars hingga Saturnus.

"Mars nanti akan kelihatan kemerahan. Jupiter juga bisa dilihat di ufuk barat. Saturnus juga bisa terlihat seperti titik, tapi di sekitarnya ada cincinnya. Sebenarnya ini juga bisa dilihat di hari lain, tapi dengan momen gerhana bulan ini bisa sekaligus dilihat. Maka sayang kalau dilewatkan," pungkasnya.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com