Begini Penampilan Selebgram Angela Lee di Sidang Kasus Penipuan

Ristu Hanafi - detikNews
Selasa, 24 Jul 2018 17:59 WIB
Sidang perdana Angela Lee di PN Sleman. (Foto: Ristu Hanafi/detikcom)
Sleman - Selebgram Angela Charlie atau yang dikenal dengan nama Angela Lee menjalani sidang perdana kasus bisnis tas mewah impor yang menjeratnya bersama sang suami, David Hardian Sugito. Seperti ini penampilannya.

Angela Lee dan suaminya didakwa pasal kumulatif oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU), yakni tindak pidana penipuan, penggelapan, dan pencucian uang.

Dalam persidangan yang dipimpin oleh Hakim Ketua Surachmat, Angela Lee duduk berdampingan bersama suaminya di kursi terdakwa. Angela Lee mengenakan rompi tahanan berwarna merah muda, sedangkan David memakai rompi tahanan warna orange. Keduanya tampak serius mendengarkan JPU Dian Susanto Wibowo membacakan surat dakwaan.


Angela Lee terlihat menunduk dengan memakai kerudung berwarna putih. Sesekali dia juga terlihat menoleh ke arah JPU. Berbeda dengan suaminya, David, terlihat terus menundukkan kepalanya selama persidangan yang berlangsung sekitar satu jam tersebut.
Begini Penampilan Selebgram Angela Lee di Sidang Kasus PenipuanAngela bersama pengacaranya (Foto: Ristu Hanafi/detikcom)

Dalam dakwaan JPU, Angela Lee dan suaminya didakwa pasal komulatif, yakni Pasal 378 KUHP atau 372 KUHP Jo Pasal 55 (1) ke-1 KUHP jo Pasal 64 (1) KUHP dan Pasal 3 atau Pasal 4 UU No 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pidana Pencucian Uang (TPPU) Jo Pasal 55 (1) ke-1 KUHP jo Pasal 64 (1) KUHP.


Seusai pembacaan surat dakwaan, Angela dan David sempat berdiskusi dengan kuasa hukumnya, Wahyu Rudi Indarto untuk memutuskan apakah akan mengajukan nota eksepsi atau keberatan atas dakwaan JPU atau tidak.

Keduanya akhirnya memutuskan tidak mengajukan eksepsi. Majelis hakim kemudian menutup sidang dan menunda Selasa pekan depan beragenda pembuktian dengan menghadirkan saksi-saksi dari pihak JPU.
Begini Penampilan Selebgram Angela Lee di Sidang Kasus PenipuanDi kursi pesakitan (Foto: Ristu Hanafi/detikcom)

"Tadi kami sepakat tidak mengajukan eksepsi, jadi persidangan selanjutnya langsung agenda pembuktian dengan pemeriksaan saksi-saksi dari JPU," kata kuasa hukum Angela dan David, Wahyu Rudi Indarto ditemui seusai persidangan, Selasa (24/7/2018).

"Ini kan bisnis sudah berjalan lama, dan bermasalah di angka Rp 12 miliar itu, sebelumnya tidak ada masalah, lancar. Itu yang perlu kami tekankan," kata Wahyu.

Wahyu menegaskan kedua kliennya tidak ada niat dari awal untuk menipu korban. "Jadi tidak ada niat dari awal (menipu, menggelapkan, mencuci uang)," tandasnya.

Sementara itu seusai sidang, Angela dan David enggan memberikan komentar kepada wartawan. Keduanya langsung menuju ruang tahanan PN Sleman. (mbr/mbr)