DetikNews
Kamis 19 Juli 2018, 17:28 WIB

Menteri Basuki Pelari Terakhir Kirab Obor Asian Games di Solo

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Menteri Basuki Pelari Terakhir Kirab Obor Asian Games di Solo Menteri Basuki menyalakan kaldron (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo - Melewati perjalanan sekitar tiga jam, akhirnya obor Asian Games tiba di Balai Kota Surakarta, Kamis (19/7/2018). Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, menjadi pelari yang terakhir.

Sebelumnya Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo, berlari membawa obor dari Rutan Klas I Surakarta menuju Bank Indonesia. Api kemudian diestafetkan ke obor yang dipegang Basuki.

Menteri Basuki bersama Wali Kota Rudy kemudian berlari bersama menuju Balai Kota Surakarta. Masuk ke halaman, mereka langsung disambut marching band dan pasukan Lembu Sura.
Menteri Basuki Pelari Terakhir Kirab Obor Asian Games di SoloBasuki berlari membawa obor (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)

Wakil Wali Kota Surakarta, Achmad Purnomo, yang menanti di Balai Kota menerima obor dari Basuki. Api dari obor kemudian disambungkan ke kaldron atau wadah api.


Suasana semakin meriah ketika masyarakat meneriakkan yel-yel penggugah semangat. "Indonesia.. Indonesia," teriak para warga bak suporter sepak bola.
Menteri Basuki Pelari Terakhir Kirab Obor Asian Games di SoloObor diangkat oleh Kapolda Jateng dan Wali Kota Surakarta (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian medali penghargaan kepada para pelari. Medali diserahkan secara bergantian oleh Rudy dan Basuki.

Tampak para pelari, antara lain atlet judo Endang Sri Lestari, mantan pesepak bola Rochy Putiray, artis Agung Hercules dan artis Dian Sastrowardoyo.
Menteri Basuki Pelari Terakhir Kirab Obor Asian Games di SoloDian Sastro menunjukkan medali (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)

Seusai acara Torch Relay Asian Games XVIII di Solo ini, api akan diinapkan semalam di Balai Kota Surakarta. Besok pagi, api akan dibawa ke Malang melalui jalur udara, untuk selanjutnya dibawa ke Blitar.


Kepada wartawan, Basuki menyampaikan bahwa Kementerian PUPR sudah menyelesaikan infrastruktur terkait Asian Games. Saat ini pemerintah mulai mengerahkan suporter untuk mendukung atlet Indonesia.
Menteri Basuki Pelari Terakhir Kirab Obor Asian Games di SoloGubernur Ganjar mengangkat obor (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)

"Jadi sekarang tinggal tanggung jawab untuk bisa meningkatkan prestasi atlet. Bagaimana meningkatkan mental atlet supaya mendapatkan prestasi maksimal," ujarnya.
(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed