DetikNews
Selasa 17 Juli 2018, 20:21 WIB

Di Brebes, Bacaleg Muka Lama Tetap Ikut Daftarkan Diri

Imam Suripto - detikNews
Di Brebes, Bacaleg Muka Lama Tetap Ikut Daftarkan Diri Foto: Imam Suripto/detikcom
Brebes - Bakal calon legislatif (bacaleg) muka-muka lama masih mendominasi di sejumlah daerah di Jawa Tengah. Tidak mengerankan, banyak anggota dewan di Brebes, yang ingin tetap mendaftarkan diri saat pendaftaran bacaleg di KPU. Mereka ingin kembali terpilih, meski sudah 4 periode menjadi anggota dewan.

Muka-muka lama anggota legislatif terlihat saat pendaftaran calon yang berakhir pada hari Selasa (17/7/2018) malam ini. Dari ratusan calon yang datang, banyak muka lama yang kembali mendaftarkan diri.

Ketua KPU Brebes, Muamar Riza Pahlevi saat dikonfirmasi membenarkan tampilnya caleg-caleg senior yany ikut mendaftar pada pemilu 2019 nanti. Caleg-caleg tersebut yang sudah lebih dari 1, 2 ataua 3 periode jumlahnya sangat banyak. Sedangkan yang sudah 4 periode hanya dua orang.

"Tiap tiap parpol ada caleg yang senior. Ada yang 3 periode dan itu banyak jumlahnya. Apalagi yang 1 dan 2 periode. Tapi kalau 4 periode ada 2 orang," ujar Riza di sela kesibukkan menerima pendaftaran caleg, Selasa petang.

Dua orang yang paling senior dan sudah 4 kali menjabat anggota DPRD Brebes adalah Imam Sairi dari PPP dan Sukirso dari PDIP. Pada pemilu legislatif 2019 mendatang, keduanya ikut mencalonkan diri.

Berdasarkan catatan, Imam Sairi menjabat anggota dewan pada 1997-1999, 2004 -2009, 2009-2014 dan 2014-2019. Imam Sairi tidak menjabat anggota dewan pada periode 1999-2004. Saat dikonformasi, Imam Sairi menjelaskan, ikut kembali mencalonkan diri karena dibutuhkan oleh partainya yakni PPP.

"Partai masih butuh dan warga juga menghendaki saya jadi anggota dewan lagi," kata Imam Sairi.

Meski sudah 4 periode dan akan mencalonkan diri kembali, Imam Sairi tidak merasa menghambat proses kaderisasi partai.

Sementara, Sukirso dari PDIP menjabat anggota DPRD Brebes dari 1999 hingga 2019 atau 4 periode berturut-turut. Sukirso mengatakan, dirinya mendaftar setelah mendapat persetujuan dari DPP PDIP. Tampilnya Sukriso sebagai caleg dalam pemilu ini menurutnya tidak akan mengganggu kadedisasi partai.

"Saya hanya mendaftar dan yang mempunyai kewenangan itu partai. Partai mengusulkan dan yang punya hak itu DPP. Terkait regenerasi silakan saya tidak menutup. Kalau ada di Salem mau maju silakan," kilah Sukirso.

Menyikapi tampilnya caleg yang sudah lebih dari 3 periode, sejumlah ketua partai angkat bicara. Mereka menjelaskan, tidak ada batasan masa jabatan bagi caleg meski sudah menjadi dewan 4 periode.

Ketua DPC PDIP Brebes, Indra Kusuma mengatakan, caleg yang sudah pernah menjabat lebih dari 3 periode menjadi kewenangan pengurus pusat. Jika disetujui maka akan diteruskan namun jika tidak maka akan pindah dapil.

"Makanya ada kebijakan pindah dapil. Kita lihat dulu apabila di dapil itu tidak ada yang mengganti maka dia akan tetap. Tapi kalau ada dia akan pindah dapil," terang Indra Kusuma.

Secara terpisah Sekretaris DPC PPP Brebes, Khumaedi mengatakan, partainya tidak mengatur batasan waktu dalam pencalegan.

"Tidak ada aturannya. Boleh (mencalonkan). Tidak ada masalah dalam kaderisasi," pungkas dia.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed