DetikNews
Sabtu 14 Juli 2018, 21:02 WIB

Presiden Jokowi Hadiri Khataman dan Haul Ponpes An-Najah Sragen

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Presiden Jokowi Hadiri Khataman dan Haul Ponpes An-Najah Sragen Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Sragen - Usai berkunjung ke Palembang, Presiden Joko Widodo melanjutkan kegiatannya di Sragen. Sempat transit di kediamannya di Solo, Jokowi lalu menghadiri pengajian di Pondok Pesantren An-Najah, Gondang, Sragen, Sabtu (14/7/2018) malam.

Tiba pukul 20.15 WIB, Jokowi terlihat mengenakan jas hitam, peci hitam dan sarung biru. Presiden disambut dengan iringan selawat oleh kelompok hadrah Ponpes An-Najah.

Jokowi tampak berjalan bersama Menteri Sekretaris Negara, Pratikno. Tampak hadir pula Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati.

Jokowi kemudian naik ke atas panggung dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Dia lalu duduk bersila di atas panggung.

Acara sebenarnya sudah dimulai sebelum presiden tiba, yakni sekitar pukul 18.30 WIB. Acara dibuka dengan prosesi khataman Alquran dan zikir tahlil oleh santriwati Ponpes An-Najah.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pengajian oleh KH Manarul Hidayat. Jokowi juga diagendakan memberikan sambutan dan pengarahan kepada hadirin.

Adapun Ponpes An-Najah dirintis oleh KH Ahmad Djisam Abdul Mannan, adik KH Ahmad Umar Abdul Mannan dari Mangkuyudan, Solo. Bermula dari musala kecil, pada 1960 lokasi itu mulai dibangun madrasah diniyah. Kini di kompleks ponpes telah didirikan SMP, Madrasah Aliyah, SMK, hingga Universitas Nahdlatul Ulama Surakarta kelas jauh.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed