Embarkasi Solo Mulai Bersiap Sambut Jemaah Haji Jateng dan DIY

Ragil Ajiyanto - detikNews
Jumat, 13 Jul 2018 18:42 WIB
Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom
Boyolali - Persiapan menyambut kedatangan dan pemberangkatan jemaah calon haji (Calhaj) dilakukan Asrama Haji Donohudan maupun Bandara Adi Soemarmo di Boyolali. Sebanyak 95 Kloter asal Jawa Tengah dan DIY akan diberangkatkan dari Embarkasi Solo.

"Siang ini kita melakukan pemindahan x-ray ke Asrama Haji Donohudan. Ada tiga x-ray yaitu satu x-ray bagasi dan dua x-ray kabin," jelas Humas PT Angkas Pura I Bandara Adi Soemarmo, Danar Dewi, di Bandara Adi Soemarmo, Ngemplak, Boyolali, Jumat (13/7/2018).

Tiga x-ray tersebut untuk memeriksa barang-barang bawaan jemaah. Baik saat pemberangkatan maupun kepulangan nantinya. Pemeriksaan barang bawaan dilakukan di Asrama Haji, agar di bandara tidak perlu dilakukan pemeriksaan lagi dan jemaah bisa langsung diterbangkan ke Arab Saudi.

"Untuk kelancaran proses pemberangkatan jemaah," katanya.

Tak hanya itu, pihak bandara Adi Soemarmo juga telah siap untuk memberangkatkan jemaah Calhaj. Termasuk kesiapan apron atau tempat parkir pesawat. Pembangunan apron baru juga telah selesai.
Petugas mengecek kesiapan embarkasi SoloPetugas mengecek kesiapan embarkasi Solo Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom

"Persiapan untuk (pemberangkatan jemaah) haji, kita sudah siap. Apron barunya sudah selesai dverifikasi sama Perhubungan," ujar Rifki Dwi Juwantoro, petugas Apron Movement Control (AMC) bandara Adi Soemarmo.

Apron baru tersebut, jelas dia, dapat menampung 3 pesawat haji. Selain di apron baru, parkir pesawat haji juga disiapkan di apron lama. Untuk keberangkatan jemaah, akan dimasukkan ke apron lama. Hal ini demi kelancaran 8 bus yang membawah para Calhaj.

Seperti tahun lalu, bus-bus yang mengangkut jemaaah Calhaj akan masuk melalui terminal kargo dan parkir disebelah kiri pesawat. Sehingga jemaah turun dari bus akan langsung masuk ke pesawat.

"Bus akan parkir disebelah kiri pesawat," terang dia.

Persiapan menyambut kedatangan para Calhaj juga dilakukan Asrama Haji Donohudan. Bahkan sejumlah fasilitas telah ditambah dan pembangunannya sudah 99 persen.

"Semua sudah kita persiapkan," kata Yuliati, Kepala Unit Pengelola Aset Wilayah Daerah Surakarta dan Asrama Haji Donohudan, Pemprov Jateng ditemui di kantornya.

Perluasan gedung koper juga sudah selesai. Pemasangan kanopi untuk parkir bus di depan gedung Muzdalifah atau gedung pemberangkatan jemaah, juga sudah hampir selesai.

"Dari disini (asrama haji Donohudan) ada 95 Kloter, sekitar 34.000 jemaah," pungkasnya.

(bgk/bgs)