DetikNews
Rabu 11 Juli 2018, 15:18 WIB

PPDB Belum Diumumkan, Calon Siswa di Brebes Diminta Pulang Dulu

Imam Suripto - detikNews
PPDB Belum Diumumkan, Calon Siswa di Brebes Diminta Pulang Dulu SMAN 1 Brebes. Foto: Imam Suripto/detikcom
Brebes - Semua SMA dan SMK Negeri di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah belum mengumumkan hasil PPDB. Penundaan ini menyebabkan para calon siswa dan orang tua kecewa.

Menurut jadwal, pengumuman penerimaan peserta didik baru akan dilakukan pagi tadi pukul 10.00 WIB. Selain dimuat dalam website, panitia akan memampang nama-nama calon siswa di papan pengumuman.

Namun hingga siang, pihak panitia tidak kunjung mengumumkan hasil seleksi PPDP. Usut punya usut, pihak sekolah menunggu informasi dari Dinas Pendidikan Jawa Tengah, soal pengumuman tersebut.

"Sudah dari pagi tidak ada kejelasan. Malah kami disuruh pulang dan kembali lagi besok (Kamis)," ujar Akhmad, salah satu orang tua calon siswa di SMAN 1 Brebes, Jalan Setia Budi, Rabu (11/7/2018).

Sekretaris PPDP SMA Negeri 1 Brebes, Sabdo Purnomo mengatakan, penundaan pengumunan ini terkait masih adanya beberapa daerah yang bermasalah soal penggunaan SKTM sebagai syarat calon siswa baru. Dia menjelaskan, pengumuman akan tetap dikeluarkan hari ini sampai pukul 23.00 WIB.

"Penundaan ini menyusul adanya informasi bahwa sekolah harus memverifikasi ulang terkait SKTM, waktunya sampai pukul 15.00 WIB," jelas Sabdo.


Dikatakan, ada beberapa SMA dan SMK di Jawa Tengah, masih harus melakukan verifikasi karena ditengarai banyak calon siswa yang menyalahgunakan SKTM saat mendaftar.

"Sampai saat ini masih berlangsung. Nanti setelah diverifikasi, data kemudian akan diolah kembali dan sesuai juknis dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jateng, pengumuman akan dilaksanakan hari ini juga tanggal 11 Juli 2018, paling lambat pukul 23.55 WIB," paparnya.


Hal yang sama dikatakan oleh Kepala SMA Negeri 2 Brebes, Sadimin. Menurut dia, pengumuman calon siswa ditunda paling lama pukul 23.00.

"Masih ada proses verifikasi dari daerah lain. Jadi belum bisa diumumkan saat ini. Tapi yang jelas hari ini akan diumumkan," tandas Sadimin.

Untuk memberikan kemudahan bagi calon peserta didik baru, panitia menghimbau agar sering mengecek nomor pendaftaran online pada website PPDB online Jateng. Pengumuman bisa diakses melalui link https://jateng.siap-ppdb.com.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed