DetikNews
Rabu 20 Juni 2018, 13:44 WIB

Satu Wisatawan Tewas, Operasional Jip Lava Tour Merapi Disetop

Ristu Hanafi - detikNews
Satu Wisatawan Tewas, Operasional Jip Lava Tour Merapi Disetop Jip Lava Tour Merapi. Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Sleman - Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Sleman hari ini menyetop operasional jip wisata lava tour Gunung Merapi. Kebijakan ini untuk mengevaluasi kondisi armada jip, buntut peristiwa kecelakaan kemarin yang menewaskan seorang wisatawan.

"Hari ini diimbau tidak jalan dulu, sudah kami sampaikan ke komunitas. Tapi kalau sudah terlanjur janjian dengan wisatawan, kami minta berhati-hati dan cek kendaraan terlebih dulu," kata Kepala Dinas Pariwisata Sleman, Sudarningsih di kantor Bupati Sleman, Rabu (20/6/2018).

Dinas Pariwisata hari ini berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan dan kepolisian untuk melakukan evaluasi dan pemeriksaan di lapangan. Hasilnya nanti untuk menentukan apakah kebijakan menyetop operasional jip lava tour hanya berlaku hari ini atau diteruskan hingga waktu yang akan ditentukan kemudian hari.


Berdasarkan data Dinas Pariwisata, jumlah armada jip yang melayani jasa wisata lava tour Merapi lebih dari 800 kendaraan yang tergabung dalam 29 komunitas. Banyaknya jumlah armada tersebut diakui Sudarningsih cukup menjadi kendala pengawasan di lapangan.


"Jadi pekerjaan rumah cukup berat, meski mereka sudah kerja sama dengan asuransi, termasuk dalam retribusi. Tapi pengetahuan dan skill sopir harus terus dibenahi," jelas Sudarningsih.



Tonton juga video 'Erupsi Gunung Merapi Sebabkan Hujan Abu di Boyolali':

[Gambas:Video 20detik]


(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed