DetikNews
Jumat 08 Juni 2018, 13:24 WIB

Dyah Hayuning Pratiwi Diangkat Jadi Plt Bupati Purbalingga

Arbi Anugrah - detikNews
Dyah Hayuning Pratiwi Diangkat Jadi Plt Bupati Purbalingga Foto: Arbi Anugrah/detikcom
Purbalingga - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jawa Tengah, Heru Sudjatmoko secara resmi mengangkat Wakil Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi sebagai Plt Bupati Purbalingga. Pengangkatan tersebut berdasarkan surat dari Menteri Dalam Negeri.

Pengangkatan tersebut dilakukan karena Bupati Purbalingga, Tasdi berhalangan sementara setelah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK dalam OTT. Tasdi ditetapkan jadi tersangka terkait kasus proyek Islamic Center pada Senin (4/6) lalu.

"Kita mendapatkan surat dari Mendagri tertanggal 6 Juni yang intinya menegaskan bahwa sebagai Bupati Purbalingga berhalangan sementara, maka supaya pemerintahan tetap berjalan sebagaimana mestinya, Wakil Bupati ditugasi sebagai pelaksana tugas Bupati Purbalingga," kata Plt Gubernur Jawa Tengah, Heru Sudjatmoko kepada wartawan di Ruang Ardilawet Komplek Sekda Purbalingga, Jumat (8/6/2018).

Menurut dia, dalam surat tersebut Mendagri juga memberikan penegasan untuk memonitor secara khusus untuk Kabupaten Purbalingga, terlebih menghadapi lebaran. Surat Mendagri juga sudah diserahkan kepada Wabup yang tembusannya kepada ketua DPD dan Sekda Purbalingga.

"Kami (Gubernur) diminta juga oleh Mendagri untuk menegaskan dan memberi penegasan serta memonitor khusus untuk kabupaten Purbalingga, lebih-lebih ini menghadapi lebaran arus mudik dan balik," ujarnya.

Dengan demikian lanjut dia, secara resmi Wakil Bupati Purbalingga saat ini kewenangan sudah sama dengan bupati. Meskipun semua hal-hal penting harus tetap dikoordinasikan susuai prosedur yang sudah diatur dalam undang-undang.

"Formalnya (resmi) hari ini ketika saya sudah menyerahkan(surat). Kalau secara defacto sudah dari kemarin, jadi ketika sudah menandatangani surat-surat sudah tidak masalah. Mungkin kemarin kan belum berbunyi Plt disurat itu, masih Wakil Bupati," jelasnya.

Sementara menurut Plt Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi menyatakan dirinya siap untuk melaksanakan tugas dari Mendagri dan Gubernur Jateng untuk menjalankan roda Pemerintahan di Kabupaten Purbalingga.

"Mulai hari ini saya siap menjalankan tugas sebagai pelaksana tugas Bupati Purbalingga," jelasnya.

Sebagai tahap awal sebagai Plt Bupati Purbalingga, dirinya akan melakukan konsolidasi, koordinasi internal ke semua jajaran setelah itu baru akan memutuskan apa yang akan dilakukan kedepan.

Dia juga mengungkapkan jika secara langsung atau tidak langsung kejadian yang menimpa kabupaten Purbalingga kemarin pasti memberikan tekanan psikologis kepada jajaran pemerintah. Maka dari itu semuanya harus bangkit agar pemerintahan pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan.

"Saat ini kita harus bangkit karena pemerintahan harus tetap berjalan, pelayanan publik harus tetap berjalan. Mudah mudahan proses recovery di kabupaten Purbalingga ini cepat selesai," ucapnya.
(arb/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed