DetikNews
Kamis 07 Juni 2018, 16:23 WIB

UGM Bentuk Tim Khusus Penangkal Radikalisme di Kampus

Usman Hadi - detikNews
UGM Bentuk Tim Khusus Penangkal Radikalisme di Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM). Foto: Bagus Kurniawan/detikcom
Sleman - Untuk menangkal radikalisme di kampus, pimpinan UGM dalam waktu dekat akan membentuk tim khusus. Tim khusus tersebut selain bertugas mencegah radikalisme agar tidak masuk kampus juga berperan dalam deradikalisasi.

"Tim khusus yang nanti (dibentuk) memikirkan semua langkah-langkah yang komprehensif di UGM untuk mencegah tumbuhnya radikalisasi. Kemudian yang sudah radikal itu ya disadarkan. Ini kita kan sudah punya program," tutur Rektor UGM, Panut Mulyono saat dihubungi detikcom, Kamis (6/7/2018).

"Sehingga nanti harapannya tidak ada peluang dari luar untuk mengajak, memasukkan paham-paham radikal ke mahasiswa UGM. La mahasiswa UGM jika ada yang sudah terpapar ya kita sembuhkan, kita ajak ke jalan yang baik yang tidak radikal," lanjutnya.


Pihak UGM, lanjut Panut, kini sedang menyiapkan payung hukum pembentukan tim khusus tersebut. Menurutnya, seusai lebaran pimpinan universitas akan menggelar ralat untuk merumuskan tim khusus tersebut.

"SK-nya sedang saya siapkan. Setelah lebaran kita akan maraton rapat-rapat. Untuk tugas tim khusus yakni memberikan masukan kepada pimpinan universitas untuk menangani isu-isu terkini, salah satu yang paling utama (paham) radikal itu," tutupnya.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed