DetikNews
Minggu 03 Juni 2018, 00:43 WIB

Pilgub Jateng

Ada DPT Invalid, Gerindra Jateng Instruksikan DPC Cari Data

Wikha Setiawan - detikNews
Ada DPT Invalid, Gerindra Jateng Instruksikan DPC Cari Data Foto: Wikha Setiawan/detikcom
Jepara - DPD Partai Gerindra menginstruksikan kepada pengurus di tingkat kabupaten/kota untuk mencari data daftar pemilih tetap (DPT) pada Pilgub Jateng 2018. Hal itu menyusul temuan adanya indikasi kejanggalan jumlah DPT di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng.

Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah, Abdul Wachid menuturkan bahwa indikasi manipulasi kecurangan DPT mencapai 5 persen dari jumlah pemilih.

"Kami membongkar adanya dugaan kecurangan jumlah DPT. Bahkan sampai 5 persen dari jumlah pemilih," ujarnya dalam konsolidasi dan buka bersama Partai Gerindra dan kader di Jepara, Sabtu (2/6/2018).

Untuk itu, pihaknya menginstruksikan pengurus di tingkat kabupaten/kota untuk dapat mencari data DPT di masing-masing KPU. Sejauh ini sudah terkumpul data DPT 30 kabupaten/kota di Jateng.

"Saat ini masih kami teliti. Indikasinya dari 35 kabupaten/kota kecurangan lebih banyak lagi ditemukan. Kami instruksikan semua DPC pro aktif dalam hal ini," jelas Ketua Tim Pemenangan Sudirman Said-Ida Fauziyah.

Selain itu, pihaknya juga mengklaim menemukan DPT invalid. Salah satu diantaranya pindah mukim dan meninggal dunia.

"Rata-rata DPT yang invalid dan ganda sampai empat sampai lima juta," paparnya.

Temuan tersebut sudah dikonsultasikan kepada Bawaslu. Menurutnya, jika temuan itu merata di 35 kabupaten/kota, maka Pilgub Jateng 2018 bisa ditunda.

"Bisa dilakukan penundaan jika memang ditemukan kecurangan seperti jumlah DPT tersebut," tandasnya.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed