DetikNews
Sabtu 26 Mei 2018, 13:16 WIB

Lansia dan Anak Pengungsi Merapi Mulai Mengeluh Sakit

Ristu Hanafi - detikNews
Lansia dan Anak Pengungsi Merapi Mulai Mengeluh Sakit Pengungsi Gunung Merapi di Balai Desa Glagaharjo, Sleman. Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Sleman - Para lansia dan anak-anak yang mengungsi di Balai Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman setelah peningkatan aktivitas Gunung Merapi, saat ini mulai terserang penyakit. Mereka mengeluhkan berbagai macam gangguan kesehatan.

"Punggung sakit, pusing, tidak tenang pas tidur malam, sering kaget pas tidur malam, rasanya was-was," kata Sayem (47), warga Dusun Kalitengah Lor, Desa Glagaharjo, saat ditemui di posko pengungsian, Sabtu (26/5/2018).

Pagi tadi, tim dokter dari Polres Sleman melakukan cek kesehatan kepada seluruh pengungsi di Balai Desa Glagaharjo. Dari total 54 warga yang diperiksa, hanya 4 orang yang dinyatakan sehat. Tim dokter langsung memberikan obat kepada masing-masing warga sesuai dengan penyakit yang dialami.

"Banyak keluhan warga yang mengungsi, ada yang pegal linu, batuk pilek, hipertensi, gatal-gatal," kata Paur Dokes Polres Sleman, Rini Wuryani.

Menurutnya, kondisi posko pengungsian di Balai Desa Glagaharjo sebetulnya cukup baik, dari sisi kebersihan, kelengkapan fasilitas, dan kecukupan logistik.

"Ya mungkin asupan makanan bisa lebih ditingkatkan lagi, terutama kandungan gizinya," ujarnya.


Kepala Desa Glagaharjo, Suroto mengatakan jumlah pengungsi terus berubah menyesuaikan aktivitas Merapi. Pihaknya pun sengaja meminta ada pengecekan kesehatan bagi pengungsi.

Tim dokter memeriksa pengungsi. Tim dokter memeriksa pengungsi. Foto: Ristu Hanafi/detikcom



"Kalau pagi siang ya ini lansia anak-anak, masih di sini. Kalau malam biasanya bertambah warga di atas turun ke posko, bisa lebih dari 200 orang," jelasnya.

Secara umum, pihak pemerintah desa dibantu relawan menjamin fasilitas dan logistik di posko pengungsian. Bahkan telah ada dapur umum, hingga barak pengungsian tambahan yang berada di belakang kompleks balai desa.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed