Pantau Merapi, Sultan HB X Kunjungi Kantor BPPTKG Yogya

Usman Hadi - detikNews
Kamis, 24 Mei 2018 12:39 WIB
Sri Sultan HB X di ruang monitoring Merapi kantor BPPTKG Yogyakarta. Foto: Usman Hadi/detikcom
Yogyakarta - Raja Keraton Ngayogyakarta, Sri Sultan HB X berkunjung ke Kantor Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta. Kedatangan Sultan untuk memantau kondisi terkini aktivitas Merapi.

Pantauan detikcom, Sultan HB X sampai ke Kantor BPPTKG di Jalan Cendana nomor 15, Umbulharjo Kota Yogyakarta sekitar pukul 12.15 WIB, Kamis (24/5/2018). Setelahnya Gubernur DIY ini disambut pejabat BPPTKG dan langsung menuju ruangan monitoring Merapi.

Di ruang monitoring Sultan tampak mendengarkan penjelasan dari Kepala BPPTKG Yogyakarta, Hanik Humaida dan Kepala Seksi Merapi BPPTKG, Agus Budi Santoso. Namun awak media tidak diperkenankan memasuki ruangan tersebut.


"(Wawancaranya) Nanti saja ya (pascakunjungan)," ucap Agus kepada wartawan sebelum kedatangan Sultan.

Selama hari ini Gunung Merapi mengalami dua kali erupsi. Sebelumnya Agus menyampaikan kepada wartawan bahwa kedua erupsi Gunung Merapi hari ini bukan lagi freatik.

"Yang jelas (letusan pukul 02.56 WIB) freatik sudah enggak, tetapi tahapan proses menuju magmatik. Freatik sudah nggak lagi," kata Agus. (sip/sip)