DetikNews
Rabu 23 Mei 2018, 12:13 WIB

Ada Gempa di Samudra Hindia, Berpengaruhkah Pada Erupsi Merapi?

Usman Hadi - detikNews
Ada Gempa di Samudra Hindia, Berpengaruhkah Pada Erupsi Merapi? Foto: Usman Hadi/detikcom
FOKUS BERITA: Gunung Merapi Meletus
Yogyakarta - Gempa tektonik berkekuatan 5 magnitudo terjadi di Samudra Hindia, tepatnya di selatan Daerah Istimewa Yogyakarta pukul 02.38 WIB. Setelahnya terjadi erupsi freatik di Merapi pukul 03.31 WIB. Bagaimana penjelasan BPPTKG?

Kepala Seksi Merapi BPPTKG, Agus Budi Santoso mengatakan, pihaknya belum bisa menyimpulkan apakah gempa tektonik di Samudra Hindia berdampak terhadap aktivitas di Gunung Merapi.

"Ini (keterkaitan gempa tektonik dengan erupsi freatik Merapi) sebenarnya sangat spekulatif," kata Agus kepada wartawan di Kantor BPPTKG Yogyakarta, Rabu (23/5/2018).

Agus menjelaskan, sebelum letusan freatik pagi ini Gunung Merapi sudah beberapa kali mengalami erupsi. Sementara erupsi freatik yang sebelumnya terjadi tidak disebabkan karena gempa tektonik.

"Karena beberapa kali letusan freatik yang terjadi selama ini juga tidak didahului oleh (gempa tektonik). Jadi bisa iya (ada kaitan gempa tektonik di Samudra Hindia dengan erupsi Merapi), tapi juga bisa tidak," tutupnya.

Sebagaimana diketahui, sebelum terjadi erupsi freatik di Merapi terdapat gempa tektonik berkekuatan 5 magnitudo di Samudra Hindia. Gempa tersebut terasa di beberapa daerah, seperti Pacitan, Wonogiri dan Gunungkidul-Bantul (DIY).


(bgs/bgs)
FOKUS BERITA: Gunung Merapi Meletus
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed