Wakapolda Jateng Pimpin Pemakaman Briptu Syukron di Kebumen

Rinto Heksantoro - detikNews
Kamis, 10 Mei 2018 19:18 WIB
Foto: Rinto Heksantoro/detikcom
Kebumen - Setelah jenazah Briptu Luar Biasa Anumerta Wahyu Catur Pamungkas (20) dimakamkan, menyusul kemudian jenazah Briptu Luar Biasa Syukron Fadhli (21) juga dimakamkan. Upacara pemakaman dipimpin langsung oleh Wakapolda Jawa Tengah.

Dua dari lima korban kerusuhan napi teroris dan polisi di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok yang meninggal hari ini, Kamis (10/5/2018) dimakamkan di Kebumen. Briptu Wahyu dimakamkan di pemakaman desa setempat, sedangkan Briptu Syukron dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Bumi Wirabhakti Kebumen setelah Briptu Wahyu selesai dimakamkan.

Jenazah Briptu Syukron dibawa menggunakan ambulans dari rumah duka Desa Ngasinan, Kecamatan Bonorowo menuju TMP. Pasukan polisi yang berjajar rapi menyambutnya dan upacara kemiliteran pun digelar sebelum peti jenazah yang dibalut kain merah putih dimasukkan ke dalam liang lahat.

Wakapolda Jawa Tengah Brigjen Ahmad Lutfi menyatakan atas nama Polda Jawa Tengah mengucapkan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya. Almarhum diharapkan bisa menjadi suri tauladan yang baik karena telah gugur dalam bertugas.

"Semoga almarhum bisa menjadi suri tauladan dan bisa diterima seluruh amal ibadahnya serta mendapatkan tempat yang semestinya di sisi Allah SWT," Kata Wakapolda di TMP, Kamis (10/5/2018).

Sementara itu Kapolres Kebumen, AKBP Arief Bahtiar mengatakan bahwa pemakaman briptu Syukron di TMP merupakan bentuk penghormatan kepada almarhum karena telah gugur dalam bertugas.

"Memang ada dua korban asal Kebumen. Briptu Syukron kami makamkan di Taman Makam Pahlawan karena bentuk penghormatan kami terhadap anggota kami yang telah gugur. Sebenarnya kami juga ingin memakamkan briptu Wahyu di sana, namun pihak keluarga menghendaki dimakamkan di desa setempat," ucap Arief.

(bgs/bgs)