detikNews
Selasa 01 Mei 2018, 17:19 WIB

Aksi May Day di Yogya, Massa Bakar Pos Polisi

Ristu Hanafi - detikNews
Aksi May Day di Yogya, Massa Bakar Pos Polisi Foto: Ristu Hanafi/detikcom
sleman - Peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Yogyakarta diwarnai aksi bakar pos polisi di pertigaan kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Jalan Laksda Adisutjipto, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Aksi yang dilakukan oleh berbagai elemen mahasiswa ini sebelumnya memblokir jalan dan membakar ban tepat di tengah jalan pertigaan lampu merah depan kampus UIN.

Pantauan detikcom di lokasi pukul 15.50 WIB, massa berjumlah ratusan orang. Tampak jumlah personel kepolisian tidak sebanding dengan jumlah massa. Bunyi letupan terdengar berulang kali. Pos polisi terlihat hangus terbakar.

"Pos dibakar," kata salah satu anggota Polantas di lokasi, Selasa (1/5/2018).

Sejumlah tuntutan massa melalui orasi yang disampaikan yakni turunkan harga BBM, perbaikan upah pekerja, cabut Perpres 20/2018 tentang Tenaga Kerja Asing, tolak pembangunan Bandara Kulon Progo, hingga menyinggung Sultan Ground dan Pakualaman Ground dan pencabutan nota kesepahaman perbantuan TNI ke Polri.

Massa tampak masih berorasi secara bergantian. Sejumlah poster juga dibawa bertuliskan kecaman terhadap kebijakan pemerintah dan harapan para mahasiswa serta pekerja. Juga bendera bertuliskan asal elemen mahasiswa yang berdemo.

"Aksi sejak jam 15.00 tadi," kata salah satu sekuriti yang bekerja di kantor dekat lokasi demo.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com