May Day, Buruh di Semarang Ikut Jalan Sehat Berhadiah Mobil

Eko Susanto - detikNews
Selasa, 01 Mei 2018 10:19 WIB
Foto: Eko Susanto/detikcom
Semarang - Memperingati Hari Buruh Sedunia atau May Day, belasan ribu buruh mengikuti jalan sehat di Kabupaten Semarang. Jalan sehat ini memperebutkan hadiah utama satu unit mobil jenis city car.

Berdasarkan pantauan, jalan sehat yang diselenggarakan serikat pekerja di Kabupaten Semarang ini menempuh jarak sekitar 5 km dari Alun-alun Bung Karno, kemudian melewati Jalan MT Haryono, Letjen Suprapto dan kembali menuju alun-alun.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Semarang, M. Riyanto mengatakan, peringatan May Day diadakan dengan jalan sehat. Adapun perusahaan yang terlibat dalam kegiatan ini kurang lebih sekitar 75 perusahaan di Kabupaten Semarang.

"Masing-masing perusahaan ada yang mengirimkan 50 peserta, khusus Ungaran Sari Garment sampai 2.700 karena karyawannya kan 13.000. Jalan sehat ini diselenggarakan serikat pekerja, kami dari dinas hanya memfasilitasi dan mendukung penuh," kata Riyanto di sela-sela jalan sehat di Alun-alun Bung Karno, Kalirejo, Ungaran, Kabupaten Semarang, Selasa (1/5/2018).

"Biasanya orang ulang tahun kan seneng-seneng, mosok memperingati ulang tahun kok mencekam ada demo dan macam-macam. Ini kesempatan bersama mengadakan jalan sehat," ungkapnya.

Dalam May Day ke depannya, Riyanto berharap, ada kegiatan-kegiatan positif sebagaimana yang dipesankan Bupati Semarang Mundjirin. Kemudian, pada tahun sebelumnya diadakan sosialisasi terkait peraturan ketenagakerjaan.

"Kegiatan ini bekerja sama dengan Polres Semarang. Polres Semarang menyampaikan kegiatan kepada masyarakat tentang keselamatan berlalu lintas," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Semarang Mundjirin mengatakan, peringatan May Day dengan jalan sehat ini lebih bermanfaat dan bermartabat baik dari Pemkab, buruh maupun di dunia industri.

"Paling tidak kita berbaur bersama-sama antara pengusaha, Apindo, pemerintah dan para pekerja seperti ini. Dengan demikian, orang akan merasakan kedamaian di antara kita. Dan kalau begini dilihat pengusaha-pengusaha yang mungkin belum menanamkan modalnya di sini, dia tidak akan ragu-ragu lagi, tidak waswas. Walaupun May Day di sini, tidak seperti yang dulu-dulu dengan demo di jalan," ujarnya.

Menurutnya dengan jalan sehat seperti ini, nantinya bisa dibiasakan di rumahnya masing-masing melakukan olahraga agar sehat.

"Kalau sehat tentunya dari pekerja akan meningkatkan produktivitas," ujarnya. (bgs/bgs)