Tahanan Tewas, Karutan Rembang: Karena Percobaan Bunuh Diri

Arif Syaefudin - detikNews
Jumat, 27 Apr 2018 18:10 WIB
Foto: Arif Syaefudin/detikcom
Rembang - Seorang tahanan titipan di Rutan Kelas II Rembang, Edo Ibnu Darmanto (27) meninggal saat dirawat di RSUD, Jum'at (27/4/18). Pihak keluarga menduga Edo meninggal akibat tindak kekerasan/penganiayaan saat ditahan.

Kepala Rutan Kelas II B Rembang, Ruspriyanto saat dikonfirmasi membenarkan bahwa korban telah dilarikan ke RSUD sejak hari Sabtu pekan lalu. Ia pun menyebut kondisi tersebut karena korban melakukan percobaan bunuh diri.


"Percobaan bunuh diri. Jadi yang bersangkutan mencoba gantung diri. Dari keterangan yang saya dapat, itu satu yang bersangkutan depresi," jelas Ruspriyanto saat dihubungi detikcom via telepon.

"Karena sudah dari sejak yang bersangkutan ditahan kan habis laka itu terus ditahan polisi, rangkaian proses peradilan pidana itu sampai ke rutan itu to, keluarganya tidak pernah besuk," lanjut Ruspriyanto.


Saat ditanya terkait uang yang sempat dimintakan oleh korban kepada ibunya karena diancam akan dianiaya, Kepala Rutan pun menyebut tidak ada iuran yang bersifat memaksa.

"Kalau masalah air minum memang agak susah pak, di rutan rembang memang harus beli tapi kan gak begitu mahal pak. Ya katakan kamar besar gitu ya iuran seribuan kah dua ribuan kah. Itupun katakanlah ada yang punya uang, ada yang tidak punya uang juga kan, musyawarah gitu lho," terangnya.

(bgs/bgs)