Tahanan Rutan Rembang Tewas, Keluarga Duga Ada Kekerasan

Arif Syaefudin - detikNews
Jumat, 27 Apr 2018 17:57 WIB
Foto: Arif Syaefudin/detikcom
Rembang - Tahanan titipan Rutan kelas II Rembang, Edo Ibnu Darmanto (27) meninggal saat dirawat di RSUD Rembang, Jum'at (27/4/18). Pihak keluarga, menduga Edo meninggal akibat tindak kekerasan/penganiayaan.

Ibu korban, Endang Purwanti, mengatakan sejak anaknya ditahan tiga minggu lalu, ia sering berhubungan via telepon. Melalui sambungan telepon, korban kerap mengeluh kepada ibunya jika ia mendapatkan tindak penganiayaan.

"Saya sering teleponan sama anak saya. Dia sempat minta uang Rp 2 juta, kalau tidak segera dibayar nanti anak saya dihajar. Saya juga sempat dibilangin jangan sampai lapor polisi, kalau lapor nanti anak saya dibunuh. Malahan ini tiba-tiba sudah dalam kondisi seperti ini," terangnya saat ditemui di kamar jenazah RSUD.

Kepada wartawan, Endang pun menunjukkan pesan singkat dari anaknya yang memohon meminta kiriman uang agar tidak dianiaya.


"602801017528532 ki nmr rkninge.ndang nyango rijko.kro iin. Ma angkten.moto q gk ketoj gae moco.mari di ajar q," tulis korban kepada ibunya dalam pesan singkat yang diterima sesaat sebelum korban masuk rumah sakit pada hari Sabtu (21/4/18) lalu.

"Kondisinya memang saat itu memprihatinkan, mata kanan kirinya lebam, wajahnya itu lebam-lebam. Terus katanya lehernya belakang ini patah," kata Endang. (bgs/bgs)