DetikNews
Selasa 24 April 2018, 23:35 WIB

Puting Beliung Yogya, BPBD DIY: Belum Ada Laporan Korban Jiwa

Ristu Hanafi - detikNews
Puting Beliung Yogya, BPBD DIY: Belum Ada Laporan Korban Jiwa Foto: Pancratia Andri Arsani/detikcom
Yogyakarta - Angin puting beliung melanda sebagian wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Data sementara dari Pusdalops BPBD DIY, belum ada laporan korban jiwa.

"Untuk sementara laporan yang masuk, korban jiwa nihil. Hanya satu orang luka, dosen STPMD dirujuk ke RS Bethesda," kata Supervisor Pusdalops BPBD DIY, Antonius Sri Wahyuno melalui keterangan tertulis laporan situasi, Selasa (24/4/2018).

Berdasarkan laporan situasi yang diterima detikcom update pukul 18.00 WIB, dampak angin puting beliung yang terjadi di perbatasan Kota Yogya dan Kabupaten Bantul mengakibatkan sedikitnya 47 rumah dan bangunan rusak serta pohon tumbang di sejumlah titik.

Di Kota Yogya laporan sementara yang masuk terdapat rumah rusak di Gendeng RW 18,19, 20 Gondokusuman, tiang telepon tertimpa pohon tumbang di Perum Timoho Asri II No.53, kemudian di Balerejo RT 50 RW 05, Muja muju Kec. Umbulharjo dampak 13 rumah (2 rusak berat, 1 rusak sedang, 10 rusak ringan), kemudian pohon tumbang di Kampus STPMD APMD Baciro Gondokusuman.

Lalu di Kabupaten Bantul, 11 Rumah rusak ringan-sedang di Sorowajan RT 02/RW 08 Banguntapan, 23 rumah rusak sedang-ringan di Sorowajan RT 03/RW 08 dan di RT 07/RW 10.

Juga dilaporkan kerusakan di Kampus STIMIK AKAKOM Karang Jambe No.143 Banguntapan Bantu, terdampak atap ruang kelas A12 mengalami kerusakan karena asbes beterbangan dan jatuh di atap kelas tersebut.


"Untuk penanganan awal melibatkan TRC BPBD DIY, TRC BPBD BANTUL dan TRC BPBD Kota Yogya mendirikan Pos Aju pukul 16.00 WIB di GOR SKB Sorowajan. Dukungan terpal sebanyak 30 lembar untuk BPBD Kota Yogya dan pembersihan puing dan pohon tumbang oleh berbagai elemen potensi relawan," imbuhnya.

Pusdalops BPBD DIY hingga kini terus melakukan pendataan laporan dari petugas dan relawan di lapangan. Laporan situasi terus diperbarui secara berkala.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed