DetikNews
Jumat 20 April 2018, 21:48 WIB

Debat Cagub Jateng

Saat Ganjar Ditanya Sudirman Said Soal e-KTP

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Saat Ganjar Ditanya Sudirman Said Soal e-KTP Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
FOKUS BERITA: Debat Cagub Jateng
semarang - wDalam segmen keempat debat paslon Pilgub Jateng, Sudirman Said lebih dahulu berkesempatan bertanya kepada Ganjar Pranowo. Sudirman menanyakan soal realisasi program e-KTP di Jawa Tengah.

"Saya tanya tentang KTP elektronik. Ini sangat penting karena berkaitan dengan keadilan sosial. Kalau datanya baik, maka subsidi, pajak, keadilan sosial juga akan baik. Di Jawa Tengah sudah sejauh mana?" tanya Sudirman.

Ganjar mengaku tidak mengetahui angka realisasi e-KTP secara pasti. Namun dia memastikan memiliki data yang diperbarui setiap hari.

"Saya bukan teknis mengurusi itu, tapi saya punya data tiap hari. Semua tergantung beberapa faktor yang mempengaruhi perekaman, peralatan, listrik, kondisi yang ada, supply blangko dari pusat," kata Ganjar.

Kemudian Sudirman Said mengkritik bahwa tugas pemimpin bukan hanya kewenangan. Tetapi pemimpin harus tanggung jawab dalam menjalankan programnya.

"Tugas pemimpin bukan cuma kewenangan, tapi ada tanggung jawab, karena KTP elektronik ini soal keadilan sosial. Kita harus mewujudkan sistem identitas tunggal, termasuk mengenai hak pilih," kata Dirman.

"Justru agar kita enggak offside, kita berpegang pada good government. Apa yang bisa kita lakukan adalah koordinasi. Dirjen kita ajak ke sini, saya minta setiap hari transparan, berapa tercetak, berapa tersedia, bisa dicek di website Disdukcapil atau twitter Disdukcapil," jawab Ganjar.


(bgs/bgs)
FOKUS BERITA: Debat Cagub Jateng
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed