DetikNews
Jumat 20 April 2018, 21:34 WIB

Debat Cagub Jateng

Sebut Pemprov Jateng Tak Peduli, Ida Janji Bantu Ponpes Rp 100 Juta

Sukma Indah Permana - detikNews
Sebut Pemprov Jateng Tak Peduli, Ida Janji Bantu Ponpes Rp 100 Juta Pasangan Cagub Cawagub Jateng, Sudirman Said-Ida Fauziyah. Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
FOKUS BERITA: Debat Cagub Jateng
Semarang - Cagub Jateng Ida Fauziyah menyebut Pemprov Jateng saat ini tak memperdulikan pondok pesantren dan madrasah diniyah. Dia pun berjanji akan memberi bantuan sosial jika dia bersama Sudirman Said terpilih di Pilgub Jateng 2018.

"Pesantren di Jateng hampir 6.000. Madrasah Diniyah di Jateng tidak sedikit, santri di Jawa Tengah luar biasa banyaknya. Tapi sepanjang perjalanan di Jateng, rata-rata mereka, 'kami dibiarkan jalan sendiri tanpa ada kepedulian dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terhadap pesantren dan madrasah diniyah," ujar Ida dalam Debat Cagub Jateng di Hotel Patra, Semarang, Jumat (20/4/2018).

Padahal, kata Ida, pesantren dan madrasah diniyah melakukan tugas negara yakni mencerdaskan anak bangsa dan membangun karakter bangsa.

"Tadi kita bicara radikalisme, tadi kita bicara berbagai persoalan oleh generasi muda, bangun karakter," lanjutnya.

Menanggapi itu, Cagub Jateng Taj Yasin menjawab bahwa pihak Pemprov Jateng selama ini sudah memberi bantuan banyak. Namun, jelasnya ada UU 23 Tahun 2014 yang menyatakan bahwa lembaga yang dibantu harus berbadan hukum.


Sedangkan banyak pondok pesantren, tidak hanya di Jawa Tengah tapi di Indonesia yang masih mengurus perizinan.

"Ini dia masalahnya, Mbak Ida. Kami sudah menggelontorkan bantuan sosial, hibah kepada pondok dan lembaga pendidikan, maaf tidak terserap karena (soal) izin dari lembaga itu," kata Yasin.


Ida menanggapi penjelasan Yasin dengan menjanjikan bantuan.

"Saya kira yang dibutuhkan political will dari pemprov untuk mereka. Kami rencananya akan memberi bantuan sosial untuk pondok pesantren dengan bantuan Rp 100 juta untuk sarana dan prasarana. Kami juga akan memberi Rp 110 miliar untuk madrasah diniyah per tahun," urainya.


(sip/bgs)
FOKUS BERITA: Debat Cagub Jateng
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed