DetikNews
Jumat 20 April 2018, 15:23 WIB

Melihat Buku Habis Gelap Terbitlah Terang, Tulisan Tangan RA Kartini

Arif Syaefudin - detikNews
Melihat Buku Habis Gelap Terbitlah Terang, Tulisan Tangan RA Kartini Tulisan tangan RA Kartini. Foto: Arif Syaefudin/detikcom
Rembang - Buku yang berjudul Habis Gelap Terbitlah Terang, kumpulan surat yang ditulis tangan oleh RA Kartini, kini tersimpan di museum RA Kartini Rembang. Buku tersebut diletakkan di salah satu ruangan yang berada di pojok museum, tertutup rapat dibalik kotak kaca.

Sampul dicetak dengan kertas tebal, berwarna putih dengan bubuhan tulisan berwarna emas. Tertulis "Door Duisternis Tot Licht" yang secara harfiah berarti "Dari Kegelapan Menuju Cahaya". Tertulis pula nama Raden Adjeng Kartini, dengan gambar burung dibawahnya.

Tour guide museum, Nugraeni Saputri, menyebut buku tersebut merupakan buku asli, kumpulan surat-surat RA Kartini yang dikirimkan kepada sahabat penanya di Belanda, Ny Abendanon. Buku memiliki tebal sekitar 10 cm.

"Ini buku yang asli, diusahakan agar tidak tersentuh tangan biar terjaga keawetannya, sekarang sudah berumur seratusan kan. Tapi juga sudah banyak penulis yang menulis ulang kemudian menjualnya," katanya.

Melihat Buku Habis Gelap Terbitlah Terang, Tulisan Tangan RA KartiniBuku Habis Gelap Terbitlah Terang. Foto: Arif Syaefudin/detikcom

Selain buku Door Duisternis Tot Licht, juga tersimpan beberapa lembaran kertas yang telah dijilid menjadi satu kesatuan. Dipercaya, tulisan yang tertera dalam kertas-kertas itu merupakan tulisan tangan RA Kartini.

"Ini kumpulan surat yang di dalamnya berisi cerita. Jadi dulu Bu Kartini hendak membuat sebuah buku cerita, namun belum sampai selesai, beliau sudah wafat. Dan rencananya buku ini hendak dikirim ke Nyonya Abendanon," terang tour guide.

Melihat Buku Habis Gelap Terbitlah Terang, Tulisan Tangan RA KartiniTulisan tangan RA Kartini. Foto: Arif Syaefudin/detikcom


Ada pula kotak surat. Kotak tinta dan kotak stempel surat kecintaan RA Kartini. Kotak berwarna emas, dan diatasnya terdapat miniatur kuda berwarna emas.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed