detikNews
Jumat 20 April 2018, 14:27 WIB

Kunjungan ke Makam RA Kartini Melonjak 10 Kali Lipat

Arif Syaefudin - detikNews
Kunjungan ke Makam RA Kartini Melonjak 10 Kali Lipat Makam RA Kartini (Foto: Arif Syaefudin/detikcom)
Rembang - Menjelang peringatan hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April besok, tingkat kunjungan di makam RA Kartini yang berada di Desa Bulu, Kecamatan Bulu, Rembang, melonjak tajam. Pengelola makam mencatat lonjakan di bulan April hingga 10 kali lipat dari biasanya.

Juru kunci makam, Wartono, menyebutkan kunjungan makam RA pada bulan April, meningkat hingga 10 kali lipat. Pada bulan-bulan lain, jumlah kunjungan di makam sekitar 2 ribu pengunjung. Namun khusus bulan April bisa tembus sampai 20 ribu pengunjung.

"Paling sepi itu 2 ribu pengunjung kalau bulan biasa, tapi kalau sudah masuk bulan April, berdasarkan tahun-tahun sebelumnya itu bisa sampai 20 ribu bahkan 25 ribu pengunjung selama sebulan itu," terangnya saat ditemui, Jumat (20/4/18).

Patung Kartini di komplek makam. (Foto: Arif Syaefudin/detikcom)


Dikatakannya, puncak keramaian kunjungan biasanya terjadi pada tanggal 20 dan 21 April. Bukan hanya warga Rembang saja, peziarah dari luar kota bahkan dari manca negara pun juga berkunjung di makam RA Kartini.

"Seperti pagi tadi, ada Ibu Bupati Blora, Jepara, Kudus berziarah di sini. Tahun-tahun lalu juga ada pejabat-pejabat negara. Turis asing juga tak jarang saya menemui. Mereka datang untuk berdoa, berziarah di makam RA Kartini," imbuh Wartono.


Sutimah, guru SDN 1 Sendangharjo Blora, mengaku mengajak murid-muridnya untuk berziarah di makam RA Kartini. Menurutnya, ziarah tersebut sekaligus memperkenalkan kepada murid-muridnya untuk memaknai perjuangan RA Kartini.

"Dengan berziarah ini kita juga kenalkan sosok RA Kartini kepada murid-murid," jelasnya.
(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com