DetikNews
Kamis 19 April 2018, 16:20 WIB

50 Adegan Diperagakan saat Rekonstruksi Penyerangan Gereja Lidwina

Ristu Hanafi - detikNews
50 Adegan Diperagakan saat Rekonstruksi Penyerangan Gereja Lidwina Suasana rekonstruksi penyerangan Gereja Lidwina Sleman. Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Sleman - Polisi menggelar rekonstruksi penyerangan Gereja Katolik Santa Lidwina Bedog, Kecamatan Gamping, Sleman. Total 50 adegan diperagakan oleh pelaku penyerangan, Suliyono.

"Ada total 50 adegan, di sini (gereja) adegan 27 sampai 50. Ada juga di lokasi lain," kata Ketua Tim Kuasa Hukum Gereja Lidwina, Sukiratnasari, kepada wartawan Kamis (19/04/2018).

Diakuinya, seluruh adegan yang diperagakan di kawasan Gereja Lidwina telah sesuai dengan BAP dan keterangan saksi. Tapi tim kuasa hukum sempat meminta untuk mendetailkan beberapa adegan. Menurutnya ada sejumlah adegan yang dinilai belum sesuai keterangan para saksi dan korban.

"Ada beberapa adegan yang kurang detail, terus kami tadi meminta agar didetailkan," jelasnya.


"Contohnya perusakan di Altar, ada pelemparan, sempat tidak masuk rekonstruksi terus kita tadi mengusulkan," kata Sukiratnasari.

Selain itu, lanjutnya, ada adegan ketika Romo Karl Edmund Prier yang memimpin ibadah disabet pedang oleh Suliyono.

"(Disabet) Tiga kali, tapi hanya dilakukan dua kali (saat rekonstruksi). Tapi secara umum sudah sesuai," ujarnya.


Diakuinya, Romo Prier tidak ikut rekonstruksi yang berlangsung secara tertutup karena ada acara lain. Romo Prier digantikan oleh Romo Paroki Gereja Kemetiran.

Proses rekonstruksi yang dimulai pukul 08.30 hingga pukul 10.20 WIB berlangsung tertutup. Polisi bersenjata lengkap mengamankan jalannya rekontruksi. Bahkan area steril mencapai radius sekitar 400 meter. Awak media juga dilarang mengambil gambar dari jarak dekat.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed