DetikNews
Selasa 17 April 2018, 15:27 WIB

Dicoklit Pantarlih, Nama Bupati Gunungkidul Tak Tercantum di DPS

Usman Hadi - detikNews
Dicoklit Pantarlih, Nama Bupati Gunungkidul Tak Tercantum di DPS Bupati Gunungkidul usai didatangi Pantarlih. (Foto: Usman Hadi/detikcom)
Gunungkidul - KPU Gunungkidul dan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) mendatangi Rumah Dinas Bupati Gunungkidul untuk pencocokan dan penelitian (coklit) data daftar pemilih Pemilu tahun 2019. Namun teryata tidak ada nama bupati di Daftar Pemilih Sementara (DPS).

Setelah dicek Pantarlih, ternyata nama Bupati Gunungkidul, Badingah, tak sama dengan nama di Daftar Pemilih Sementara (DPS). Di DPS nama yang tertera Badi'ah, padahal seharusnya Badingah. Tak hanya nama, ternyata Nomor Induk Kependudukan (NIK) juga salah.

"Dari data itu (formulir Model A-KPU dengan e-KTP) memang ada perubahan di NIK dan Badi'ah. Padahal yang benar Badingah. Nanti kita betulkan sesuai dengan e-KTP," jelas Ketua KPU Gunungkidul, Zainuri, di Rumah Dinas Bupati Gunungkidul, Selasa (17/4/2018).


Zainuri menjelaskan, coklit data pemilih yang pihaknya lakukan tidak hanya menyasar bupati saja, tetapi juga tokoh agama dan tokoh masyarakat. Untuk itu, pihaknya telah menerjunkan sekitar 2.715 Pantarlih untuk mendata pemilih selama sebulan ke depan.

Bupati Badingah mengaku tak mempermasalahkan kesalahan penulisan nama di DPS karena masih bisa diperbaiki. Oleh karena itu, untuk menyukseskan coklit pihaknya meminta masyarakat turut proaktif.

"Memang pagi tadi petugas melakukan coklit dengan mencocokkan KK dan KTP saya. Sekarang semua sudah beres, tidak ada permasalahan," tutupnya.


(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed