BBPOM Yogyakarta Temukan 9 Produk Ikan Makarel Mengandung Cacing

Edzan Raharjo - detikNews
Senin, 02 Apr 2018 16:24 WIB
Ilustrasi. Foto: detikhealth
Yogyakarta - Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Yogyakarta menguji 16 item ikan makarel. Hasilnya, 9 item di antaranya terdeteksi mengandung parasit cacing.

"Untuk ikan makarel ada 16 item yang dilakukan pengujian dan 9 item terdeteksi mengandung parasit cacing," kata Kepala Balai Besar Pengawas Obat Dan Makanan (BBPOM) Yogyakarta, Sandra MP Linthin di kantor Gubernur DIY, Senin (2/4/2018).

Sebanyak 9 item tersebut ditemukan baik di toko modern, toko biasa dan juga dari distributor. DIY telah melakukan penarikan dan pengujian dan sampai saat ini penarikan masih dilakukan.

"Jalan semua di 4 kabupaten, satu kota, semua kita lakukan," katanya.

Sebelumnya diberitakan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memerintahkan untuk menarik 27 produk ikan makarel setelah ditemukan parasit cacing jenis Anisakis sp. Cacing tersebut dalam kondisi sudah mati di dalam kemasan kaleng, bukan akibat kerusakan kemasan atau kedaluwarsa.

Kepada awak media, Penny K Lukito, Kepala BPOM, pun menegaskan bahwa pihaknya sudah menentukan mengenai batas penarikan dari produk-produk tersebut seperti di antaranya Farmer Jack, IO, Botan dan ABC dengan nomor bets tertentu.

"Penarikan menjadi tanggung jawab importir dan produsen. Tentunya kami semua di balai mengawasi. Kalau masih kami temukan berarti tidak menjalankan tugasnya dengan baik dan akan ada sanksi lain, kalau tidak melakukan penarikan dengan cepat. Kami kasih waktu satu bulan paling lama," kata Penny di Percetakan Negara, Jakarta Pusat, Rabu (28/3) silam. (sip/sip)