Tanpa Kejelasan Penundaan, Jokowi Batal Resmikan De Tjolomadoe

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Kamis, 29 Mar 2018 20:53 WIB
Eks PG Colomadu di Karanganyar (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo - Presiden Joko Widodo dijadwalkan meresmikan De Tjolomadoe, Karanganyar malam ini. Pihak pengelola memastikan bahwa rencana peresmian malam ini, dibatalkan tanpa disertai penjelasan ditunda hingga kapan.

Jadwal peresmian diperoleh detikcom dari pihak PT Pembangunan Perumahan (PP) pada Selasa pagi. Namun malam harinya, humas PTPP mengabarkan acara peresmian dibatalkan karena Jokowi berhalangan hadir.

Rabu pagi, detikcom mengunjungi bekas Pabrik Gula (PG) Colomadu itu. Lokasi tampak ramai karena memang ada beberapa acara. Selain itu, petugas pengamanan dari TNI-Polri dan Paspampres terlihat berjaga di sana.

Baca juga: Pura Mangkunegaran Melawan, Jokowi Tetap Resmikan De Tjolomadoe?

Saat ini, diketahui Presiden Jokowi telah berada di kediamannya di Sumber, Banjarsari, Solo setelah meresmikan jalan tol Ngawi-Wilangan sore tadi.

Direktur PT Sinergi Colomadu, Wahyono Hidayat, selaku pengelola De Tjolomadoe, mengatakan tidak ada acara formal peresmian malam ini. Dia pun belum dapat memastikan kehadiran Jokowi ke De Tjolomadoe malam ini.

"Kalau acara formal peresmian memang tidak ada. Tapi kalau Pak Jokowi berkunjung ke sini kita belum tahu," kata Wahyono saat dihubungi melalui telepon, Kamis (29/3/2018).

Baca juga: De Tjolomadoe akan Diresmikan Jokowi, Mangkunegaran: Kami Gugat

Menurutnya, berbagai acara yang diselenggarakan sejak kemarin memang diselenggarakan untuk meramaikan De Tjolomadoe setelah konser David Foster pada 24 Maret 2018 lalu.

Beberapa hiburan yang disiapkan, antara lain pertunjukan musik gratis di lapangan parkir barat. Selain itu, ratusan stan UMKM turut meramaikan De Tjolomadoe.

"Malam ini ada band, pameran UMKM juga masih. Apalagi ini libur panjang, nanti acara ini akan berlanjut sampai Minggu," ujar dia. (mbr/mbr)