Ikan Kaleng Mengandung Cacing Masih Dijual di Brebes

Iman Suripto - detikNews
Kamis, 29 Mar 2018 18:07 WIB
Foto: Imam Suripto/detikcom
Brebes - Petugas Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Kabupaten Brebes, Jawa Tengah melakukan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah toko, swalayan dan mini market. Petugas menemukan sejumlah mini market dan swalayan di kawasan kota yang masih menjual produk ikan kemasan kalengan tersebut.

Petugas menemukan beberapa produk ikan kalengan itu masih tertata di rak-rak dan belum ditarik dari pasaran. Petugas pun langsung memriksa satu persatu semua produk ikan sarden yang harus ditarik dari peredaran.

Monitoring tersebut dilakukan menyusul adanya temuan 27 jenis produk ikan mackarel olahan dalam kemasan kaleng yang mengandung cacing oleh BPOM beberapa waktu lalu.

"Kami hanya ingin memastikan saja, apakah pemilik swalayan dan minimarket sudah menarik produk yang tidak layak makan ini," kata Budhi Sutrisno, Kasi Pengelolaan Pasar Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Kabupaten Brebes, Kamis (29/3/2018)

Setelah petugas melakukan monitoring kata Budhi, ada beberapa mini market dan swalayan yang masih menjual makanan ikan kaleng tersebut. Saat melakukan monitoring Kamis (29/3/2018), petugas melihat langsung makanan olahan ikan sarden tersebut masih terpajang di rak rak toko.

Petugas kemudian mengamankan makanan tersebut dan menyerahkan kepada penjaga sawalayan dan minimarket. Petugas menyesalkan para pemilik swalayan dan minimarket yang tidak mengindahan seruan BPOM untuk menarik makanan makanan tersebut.

Saat ditanya petugas, penjaga sebuah minimarket mengaku, sejauh ini belum ada perintah dari pihak menagemen untuk menarik produk produk tertentu, termasuk makanan ikan dalam kemasan kaleng.

"Belum ada perintah, malah ini baru tahu kalau ada makanan ikan kaleng yang mengandung cacing," ujar Vivi, salah satu penjaga sebuah minimarket di Kota Brebes.

Dengan temuan ini, Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Kabupaten Brebes akan menerbitkan surat edaran untuk semua pengelola minimarket dan swalayan untuk segera menarik 27 jenis makanan ikan daam kaleng yang mengandung cacing dari pasaran. (bgs/bgs)