DetikNews
Jumat 23 Maret 2018, 19:18 WIB

7 Hari Nihil, Pencarian Pelajar Tenggelam di Kulon Progo Dihentikan

Ristu Hanafi - detikNews
7 Hari Nihil, Pencarian Pelajar Tenggelam di Kulon Progo Dihentikan Proses evakuasi korban yang ditemukan. (Foto: Dok Basarnas DIY)
Kulon Progo - Basarnas menutup operasi pencarian terhadap Amar Alfaribi (15), pelajar kelas 3 SMP Muhammadiyah 7 Yogya yang tenggelam di Pantai Mangrove Jembatan Api-api, Pasir Mendit, Kulon Progo. Pencarian yang sudah dilakukan selama 7 hari belum membuahkan hasil.

"Penutupan operasi SAR gabungan ini sesuai standar operasi Basarnas, diatur dalam UU Nomor 29/2014, tentang pencarian dan pertolongan. Karena di lapangan sudah tidak ada tanda-tanda ditemukan korban, kami konsolidasi untuk penutupan operasi SAR," kata Kepala Kantor Basarnas DI Yogyakarta, Supriono, Jumat (23/3/2018).

Diakuinya, selama operasi pencarian selama 7 hari tidak ditemukan kendala sejak hari pertama sampai hari keempat. Namun mulai hari kelima hingga ketujuh, faktor cuaca menjadi pertimbangan operasi.

"Berdasarkan prediksi BMKG terkait tinggi gelombang kisaran 1-4 meter, dan kecepatan angin dari barat ke timur rata-rata 10-15 knot, kita juga pertimbangkan keselamatan tim dengan kondisi di lapangan," jelasnya.

Baca juga: 2 Pelajar SMP Hilang Terseret Ombak di Pantai Kulon Progo

Ditambahkannya, penutupan operasi SAR gabungan ini sudah dikomunikasikan dengan pihak keluarga korban. Meski operasi pencarian ditutup, lanjut Supriono, namun potensi SAR tetap melakukan pantauan dan patroli rutin.

"Pantauan ke depan, sejauh Pantai Congot Kulon Progo sampai Pantai Baron Gunungkidul, sudah kita informasi dan koordinasi bersama nelayan dan potensi SAR jika sewaktu-waktu ada petunjuk keberadaan korban. Jika ada tanda-tanda, kita siap evakuasi," imbuhnya.

Baca juga: Pelajar yang Terseret Ombak di Kulon Progo Ditemukan Tewas

Diberitakan sebelumnya, Amar tenggelam ketika berenang di Pantai Pasir Mendit, Sabtu (17/3). Amar tenggelam bersama rekannya, Bagas Irawan (15) warga Gedongkuning, pelajar kelas 3 SMP Piri. Keduanya tengah berwisata bersama rombongan teman-temannya.

Bagas ditemukan dalam kondisi tak bernyawa lagi, pada Senin (19/3) pagi di kawasan Pantai Glagah, atau sekitar 3 km sisi timur dari lokasi tenggelam. Jasadnya ditemukan berjarak sekitar 500 meter dari bibir pantai.
(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed