DetikNews
Jumat 23 Maret 2018, 14:05 WIB

Truk Angkut Kecap dan Telur Terguling di Pantura, Jawa Tengah

Robby Bernardi - detikNews
Truk Angkut Kecap dan Telur Terguling di Pantura, Jawa Tengah Foto: Dok Polres Pekalongan/detikcom
Batang - Dua peristiwa kecelakaan tunggal terjadi di ruas jalur Pantura, Kabupaten Batang dan Kabupaten Pekalongan pada Jumat (23/03). Di Kabupaten Batang, truk bermuatan kecap terguling. Sedangkan di Kabupaten Pekalongan sebuah truk bermuatan telur menabrak pembatas jalan hingga muatan tumpah.

Polisi dan petugas Damkar setempat sibuk membersihkan tumpah kecap dan telur di jalanan agar tidak licin dan membahayakan pengguna jalan.

Kecelakaan di Batang terjadi di Pucungkerep, Kecamatan Subah. Truk nopol H 1862 DY bermuatan limbah kecap itu terguling. Tumpahan kecap membanjiri jalan di jalur pantura hingga tampak berwarna kecoklatan.

Sedangkan kecelakaan di Kabupaten Pekalongan, terjadi di atas Jembatan Kalikangkung Siwalan. Truk bermuatan telur menabrak pembatas jalan yang berada di atas jembatan. Ribuan telur pecah dan tumpah ke jalan.
Polisi dan petugas bersihkan tumpahan kecapPolisi dan petugas bersihkan tumpahan kecap Foto: Dok Polres Batang/detikcom

"Kejadian tadi pagi kecelakaan tunggal. Sampai siang ini, anggota masih berupaya membersihkan tumpahan limbah kecap di Pantura, agar tidak licin dan berbahaya" jelas Kasatlantas Polres Batang, AKP M. Adiel Aristo kepada detikcom Jumat (23/3).

Menurutnya kecelakaan tidak ada korban jiwa. Truk sudah dievakuasi oleh petugas kepolisian Satlantas Polres Batang.

"Awalnya kendaraan berjalan dari arah barat menuju ke timur (Jakarta-Semarang), sesampainya dilokasi jalan menanjak, pintu belakang lepas dan muatan tumpah," kata Adiel Aristo.

Akibat peristiwa tersebut, jalur setempat banjir kecap yang licin dan lengket. Jalur dari arah barat ke timur atau dari Jakarta menuju ke Semarang, terpaksa dilakukan kontra flow dengan jalur Semarang-Jakarta.

"Untuk kendaraan telah dievakuasi. Tetapi tumpahan kecap yang diangkut masih dibersihkan petugas kepolisian dibantu damkar," katanya.

Selain di Batang di wilayah Kabupaten Pekalongan juga terjadi kecelakaan tunggal. Sebuah truk yang mengangkut telur menabrak jembatan Kalikangkung, Siwalan. Akibatnya, muatan truk berupa telur tumpah ke jalan.

Kasatlantas Polres Pekalongan, AKP Bobby Anugrah Rahman, kepada detikcom, Jumat (23/03) menjelaskan tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tunggal tersebut.

"Kecelakaan terjadi karena diduga pengemudi mengantuk dan tidak menguasai laju kendaraan dan menabrak pembatas jalan diatas jembatan," jelas AKP Bobby.

Menurut AKP Bobby petugas langsung evakuasi truk dan tumpahan telur yang tumpah dijalanan agar tidak membahayakan pengendara lainnya.

Ribuan telur yangtumpah dijalan itu sempat diambil oleh warga. Warga mencari butiran telur yang masih utuh. Bau amis telur pecah juga tercium dilokasi. Agar tidak lincin dan membahayakan pengguna jalan, pecahan telur itu juga segera dibersihkan.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed