DetikNews
Rabu 21 Maret 2018, 13:29 WIB

Polisi Selidiki Keterkaitan Penyerangan di Kendal dan Daerah Lain

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Polisi Selidiki Keterkaitan Penyerangan di Kendal dan Daerah Lain Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Condro Kirono di gedung Borobudur Mapolda Jawa Tengah, Rabu (21/3/2018). Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Semarang - Penyelidikan terhadap pelaku penyerangan pengurus NU di Kendal masih berlanjut. Hal yang diselidiki yaitu ada tidaknya keterkaitan penyerangan di Kendal dengan daerah lainnya.

Kapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono mengatakan tim dari Mabes Polri turun ke berbagai daerah termasuk Kendal untuk mencari tahu keterkaitan penyerangan tokoh agama.

"Tim Mabes turun untuk melihat apakah ada keterkaitan dengan penganiayaan satu dengan lain," kata Condro di gedung Borobudur Mapolda Jateng, Rabu (21/3/2018).


Terkait pelaku penyerangan Suyatno alias Bogel (34), hingga kini belum ada keterkaitan setelah riwayat pergaulan diselidiki termasuk komunikasi lewat ponsel.

"Masih terus didalami. Kita tarik ke belakang pelaku bergaul sama siapa, mapping handphone. Kita belum simpulkan, tapi faktanya kita proses hukum, pelaku ditahan. Belum disimpulkan apakah by design," terang Condro.

Dengan adanya penyelidikan tersebut, Kapolda menegaskan penanganan terus berlangsung meski sudah dipastikan peristiwa yang dimaksud murni tindakan kriminal pencurian disertai kekerasan karena faktor ekonomi.


"Profesi pelaku adalah pengamen yang sehari-harinya di pasar. Kondisi ekonomi memprihatinkan, punya anak 1 putus sekolah, tidak punya pekerjaan, ini faktor ekonomi," jelas Kapolda.

Untuk diketahui, aksi pembacokan di Dusun Krajan RT 04 RW 01 hari Sabtu (17/3) lalu. Korban Agus Nurus Sakban di serang saat hendak keluar rumah menggunakan mobil. Kemudian korban Ahmad Zaenuri yang merupakan Rois Syuriah NU keluar rumah untuk menyelamatkan menantunya itu, tetapi Zaenuri ikut diserang.
(alg/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed