DetikNews
Sabtu 17 Maret 2018, 16:45 WIB

Lingkungan Rusak, Warga Tegal Blokir Tambang Pasir

Imam Suripto - detikNews
Lingkungan Rusak, Warga Tegal Blokir Tambang Pasir Foto: Imam Suripto/detikcom
Tegal - Warga Desa Pener, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah menutup akses jalan tempat kendaraan truk keluar masuk menuju lokasi penambangan pasir galian C, Sabtu (17/3/2018) siang. Mereka protes terhadap kegiatan galian C yang dianggap merusak lingkungan warga. Selain itu penambangan juga tidak berizin.

Protes warga ini dilakukan dengan menutup jalan akses menuju lokasi galian C sambil membentangkan spanduk penolakan. Warga juga melakukan orasi secara bergantian.

Penutupan jalan dilakukan dengan memasang batu kali sebagai penghalang kendaraan material. Batu batu itu dengan posisi melintang sehingga semua kendaraan tidak bisa melintasinya.

Dalam orasinya warga meminta aktifitas galian C yang ada di RW 1, 2 dan 5 Desa Pener dan sudah berjalan puluhan tahun agar segera dihentikan. Sedikitnya ada 20 titik galian C yang ada di pinggir bantaran sungai Gung yang masuk wilayah Desa Pener. Dampak dari galian C, kondisi tanah sudah sangat memprihatinkan. Kedalaman tanah mencapai 20 hingga 25 meter.

Koordinator aksi, Suntoro mengatakan, aktifitas galian C tidak ada ijin resmi dari pemerintah. Izin yang dimiliki hanya dari pemilik lahan. Setiap hari, kata Suntoro, puluhan bahkan ratusan truk material datang untuk mengangkit material pasir sehingga merusak lingkungan sekitar.
galian c

"Galian C itu tidak ada satu pun yang berizin. Mereka pelaku penambangan hanya memiliki izin dari pemilik lahan. Karena sering diambil pasirnya, kedalaman dasar sungai Gung makin hari makin dalam dan ini bisa membahayakan lingkungan," ujar Suntoro menambahkan.

Terkait masalah ini, jajaran Polres Tegal, langsung melakukan mediasi. Perwakilan warga dan pemilik lahan maupun pelaku penambangan mengadakan dialog di Balai Desa Pener. Musyawarah ini juga dihadiri Dinas Lingkungan Hidup, dan instansi terkait lainnya.

Kapolsek Pangkah, AKP Sehroni didepan perwakilan warga, bahwa galian C yang berlokasi di RW 1, 2 dan 5 Desa Pener, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal untuk sementara ditutup sambil menunggu keputusan tetap dari Pemerintah Kabupaten Tegal.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed