DetikNews
Senin 12 Maret 2018, 17:41 WIB

Ini Penjelasan Teknik Elektro UGM Soal Etika Menghubungi Dosen

Usman Hadi - detikNews
Ini Penjelasan Teknik Elektro UGM Soal Etika Menghubungi Dosen Foto: Usman Hadi/detikcom
Sleman - Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta memiliki aturan tersendiri yang wajib ditaati mahasiswanya. Salah satunya aturan etika mahasiswa dalam menghubungi dosen.

Aturan etika mahasiswa dalam menghubungi dosen ini terpampang di sebuah banner. Banner tersebut dipampang persis di samping pintu masuk Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi UGM, sehingga banner ini mudah dijumpai.

Sekretaris Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi UGM, Hanung Adi Nugroho menjelaskan, pihaknya memang sengaja memasang banner tersebut. Tujuannya untuk mengajarkan etika yang bagus kepada para mahasiswa.


"Itu kan etika yang bagus. Barangkali kalau ada yang belum tahu dengan begitu kan bisa diberi pengajaran dan pendidikan juga. Karena tidak semua mahasiswa mengetahui hal itu," kata Hanung saat ditemui detikcom di ruangnya, Senin (12/3/2018).

Hanung menerangkan, aturan etika dalam menghubungi dosen sebenarnya dalam rangka memberikan pengajaran budaya yang baik. Sebab, mahasiswa di Departemen Teknik Elektro tidak sama karena memiliki latar belakang yang berbeda-beda.
Banner yang terpasang di Dept. tenik Elktro UGMBanner yang terpasang di Dept. tenik Elktro UGM Foto: Banner etika mahasiswa kontak dosen di UGM

"Di SMA-nya mungkin belum tahu, mungkin belum diajarkan sehingga mereka tidak tahu (etika yang baik saat menghubungi orang tua)," jelasnya.

Aturan etika menghubungi dosen, lanjut Hanung, adalah aturan yang berlaku di internal Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi UGM. Dia menyadari aturan ini bisa saja berbeda di tempat lain, karena setiap tempat memiliki aturannya sendiri.

"Sebenarnya di sini mahasiswanya kan rata-rata ketika masuk sudah diajari yang menyangkut etik. Misalnya bagaimana di jalan, bagaimana parkir yang benar, terus taat pada aturan. Kan waktu jalan nyalip (mendahului yang tua) ada aturannya," sebutnya.

"Pada dasarnya kita hanya ingin membangun kepribadian seseorang, atau karakteristik (mahasiswa) yang ingin kita bentuk. Karena kita tidak ingin ada (mahasiswa) yang secara ilmunya dia bagus tetapi ketika lulus dia sulit dapat pekerjaan," tutupnya.



ETIKA MAHASISWA MENGHUBUNGI DOSEN VIA SMS/WA

PERHATIKAN WAKTU
Perhatikan kapan Anda mengirim SMS/WA, tidak pada waktu istirahat atau waktu beribadah

PENGGUNAAN BAHASA
Gunakan bahasa yang sopan, tidak disingkat, misal: sy, jg, kpn, otw, ok, dll

PERKENALKAN DIRI
Contoh: Pak/Bu, nama saya Dewi mahasiswi S1 Teknologi Informasi angkatan 2016

SALAM
Selamat pagi, selamat siang, Assalamu'alaikum wr wb (bukan ass)

PAKAI KATA PERMOHONAN
Gunakan kata: Mohon maaf, jika berkenan. Mohon bantuan (apabila memerlukan bantuan)

TO THE POINT
Tuliskan keperluan Anda dengan singkat, padat, dan jelas (langsung ke inti masalah)

TIDAK MEMAKAI KATA GANTI
Tidak menggunakan kata ganti seperti 'Kamu atau Anda'

BERPERILAKU BAIK
Tidak memaksa, tidak terburu-buru dan tidak menggurui

TERIMA KASIH
Akhiri dengan ucapan "Terima Kasih" setelah selesai pembicaraan

Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed