DetikNews
Senin 12 Februari 2018, 10:59 WIB

Kelenteng Thong Hwie Kiong Purworejo Siap Sambut Imlek

Rinto Heksantoro - detikNews
Kelenteng Thong Hwie Kiong Purworejo Siap Sambut Imlek Foto: Rinto Heksantoro/detikcom
Purworejo - Kelenteng Thong Hwie Kiong di Purworejo, Jawa Tengah siap menyambut imlek 2569. Kelentang ini akan digunakan ibadah warga Purworejo dan sekitarnya.

Suasana persiapan untuk menyambut tahun baru imlek 2569 nampak di Kelenteng Thong Hwie Kiong di Jl Singodranan No 15, Baledono, Purworejo. Semua perlengkapan ibadah, lampion serta sudut-sudut kelenteng dibersihkan. Puluhan patung dewa juga telah disucikan.
Kelenteng Thong Hwie Kiong Purworejo Siap Sambut ImlekFoto: Rinto Heksantoro/detikcom

Wakil Ketua Kelenteng, Njoo Cjoe Soek (69) mengatakan bersih-bersih dilaksanakan dalam beberapa hari kedepan hingga menjelang Imlek.

"Sebelum Imlek datang kelenteng dibersihkan, mulai dari lampion, tempat abu, patung dewa, lantai dan lain-lain," tuturnya ketika ditemui detikcom saat bersih-bersih kelenteng.

Beberapa patung utama yang disucikan antara lain Hok Tek Ceng Sin atau leluhurnya warga Cina, Kwan Kong yakni jenderal perang yang kemudian menjadi dewa keadilan. Kwan Si Im Posat atau dewi kasih sayang serta puluhan patung dewa lainnya juga ikut disucikan.

Njoo Cjoe Soek menambahkan bahwa meskipun tahun baru Cina atau imlek jatuh pada tanggal 16 Februari 2018, namun perayaan di kelenteng tersebut akan dilaksanakan pada 24 Februari 2018 mendatang. Dengan tema imlek untuk mempersatukan, nantinya perayaan tersebut akan diisi dengan berbagai hiburan.
Kelenteng Thong Hwie Kiong Purworejo Siap Sambut ImlekFoto: Rinto Heksantoro/detikcom

"Perayaannya tanggal 24 nanti, ada hiburan, makan-makan dan bagi-bagi angpao juga," imbuhnya.

Dalam tahun baru anjing tanah yang sebentar lagi datang, menurutnya mempunyai makna bahwa kita semua harus bekerja keras. Ia pun berharap agar dalam tahun baru imlek nanti Negara Indonesia dijauhkan dari kesulitan dan bisa lebih makmur.

"Ya dalam tahun anjing tanah nanti kita harus bekerja keras, apalagi sekarang apa-apa mahal sembako naik dan rakyat menjerit. Tapi saya harap Indonesia bisa lebih makmur," pungkasnya.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed