DetikNews
Jumat 09 Februari 2018, 20:18 WIB

Land Clearing Proyek Bandara Kulon Progo Selesai April

Usman Hadi - detikNews
Land Clearing Proyek Bandara Kulon Progo Selesai April Foto: Usman Hadi/detikcom
yogyakarta - Bupati Kulon Progo, Hasto Wardoyo menjelaskan pembebasan lahan proyek pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulon Progo akan selesai bulan April 2018. Dia yakin target tersebut akan tercapai.

"Targetnya April, April itu sudah selesai," kata Hasto sesuai mengikuti rapat koordinasi dewan pengarah (BOB) di Hotel Sheraton Mustika Yogyakarta, Jumat (9/2/2018).

Hasto mengatakan, pihaknya optimis target tersebut tercapai. Terlebih PT Angkasa Pura I telah membuka help desk di Kantor Proyek Pembangunan NYIA. Warga terdampak bandara bisa mencari informasi di tempat ini.

"Itu adalah terobosan baru untuk menyelesaikan masalah satu per satu, sehingga harapan saya warga itu dengan segala macam problematikanya satu per satu diselesaikan di help desk ini," paparnya.

Menurutnya, setelah diresmikannya help desk beberapa permasalahan warga terdampak bandara bisa terselesaikan. Dia berharap warga terdampak bandara benar-benar memanfaatkan keberadaan help desk tersebut.

Hasto melanjutkan, proyek pembangunan NYIA di Kulon Progo sampai saat ini masih memiliki dua persoalan. Pertama, konsinyasi warga terdampak bandara yang proses pembayarannya tersendat karena masalah administrasi.

"Kemudian yang kedua adalah kelompok yang kecil yang 32 (orang), yang sering ditulis di media itu. Ini (32 warga penolak bandara) adalah yang mereka belum setuju atau mereka menolak," ungkapnya.

Langkah awal untuk menyelesaikan persoalan ini, lanjut Hasto, help desk yang sudah ada dan akan fokus menyelesaikan pembayaran warga terdampak bandara yang sudah melalui konsinyasi.

"Sekarang yang belum mengambil karena masih ada kekurangan administrasi itu 131 bidang. Tetapi kemarin sudah terkurangi berapa, ini sudah clear tinggal bagaimana administrasinya," pungkas dia.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed