DetikNews
Minggu 21 Januari 2018, 10:55 WIB

Hujan Lebat dan Angin Diperkirakan Landa DIY Hingga 2 Hari ke Depan

Ristu Hanafi - detikNews
Hujan Lebat dan Angin Diperkirakan Landa DIY Hingga 2 Hari ke Depan Hujan mengguyur Yogyakarta. Foto: Sukma Indah Permana
Yogyakarta - Hujan lebat disertai angin kencang melanda wilayah DIY hari ini. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta memperkirakan kondisi ini akan terjadi hingga dua hari ke depan.

"Hujan lebat disertai angin kencang di wilayah DIY masih muncul hingga 2-3 hari lagi," kata Kepala Kelompok Data dan Informasi BMKG Yogyakarta Stasiun Klimatologi, Mlati, Sleman, Djoko Budiyono saat dihubungi detikcom, Minggu (21/1/2018).

Sementara dari keterangan tertulisnya terkait hujan yang turun tanpa henti di beberapa wilayah di DIY sejak 2 hari kemarin, Djoko menjelaskan munculnya beberapa low pressure/tekanan udara rendah yang cukup banyak di selatan equator, sangat mempengaruhi pola angin di Jawa termasuk DIY. Kondisi ini memperkuat masuknya angin Monsoon Asia yang bersifat basah (membawa uap air yang besar) masuk ke wilayah Jawa.

"Adanya konvergensi juga sangat mendukung bagi pertumbuhan awan-awan hujan," ujarnya.

Low pressure di selatan equator tepatnya yang muncul di Samudera Hindia juga memicu kecepatan angin yang cukup kencang di selatan DIY. Kecepatan angin maksimum di pesisir mencapai 10-20 knot (18-36 km/jam). Kecepatan angin ini menyebabkan tinggi gelombang cukup signifikan 2,5-3,5 m. Kondisi ini diprediksi terjadi hingga 2-3 hari mendatang.

Dia mengimbau masyarakat agar mewaspadai potensi banjir, pohon tumbang, tanah longsor, angin kencang, dan petir.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed