Perbaiki Lampu Penerangan Jalan, Warga Kudus Tewas Tersengat Listrik

Akrom - detikNews
Sabtu, 30 Des 2017 16:25 WIB
Proses evakuasi warga tersengat listrik (Foto: istimewa)
Kudus - Seorang pria di Kudus ditemukan tergantung tak bernyawa di sebuah tiang listrik di Jalan Ganesha 4, Kelurahan Purwosari RT 3 RW 7, Kecamatan Kota, Kudus. Korban yang bernama Supriyanto (48) itu meninggal saat memperbaiki lampu penerangan.

"Korban sudah terbujur lemas tidak sadarkan diri, tergantung. Korban tertahan oleh tali pengaman di tiang listrik," kata Kapolsek Kudus AKP Muh Khoirul Naim, dihubungi detikcom, Sabtu (30/12/2017).

Keterangan saksi, Prastowo, (56) warga setempat, Supriyanto dimintai tolong oleh warga untuk memperbaiki lampu penerangan jalan yang rusak. Lampu penerangan tersebut berada pada paralon besi yang melintang di atas jalan dan ditempelkan di atas tiang listrik.

Sehari-harinya Supriyanto memang bekerja di PT Pura Kudus sebagai teknisi listrik dan sering dimintai tetangga untuk memperbaiki instalasi listrik.

"Dia memperbaiki lampu dengan cara naik tiang listrik menggunakan tangga bambu, dan untuk keamanan korban juga melilitkan tali tampar di perut dengan dikaitkan pada tiang listrik tersebut," kata Prastowo.

Supriyanto mengecek jaringan sebentar, kemudian melapor kepada Prastowo bahwa trafo harus diganti karena terbakar. Tak lama setelah itu, dia kembali naik ke tiang listrik untuk membersihkan kabel yang berkarat.

"Saya mendengar korban berteriak 'Allahu Akbar' 3 kali dan merintih kesakitan," lanjut Prastowo.

Supriyanto lalu terlihat lemas dan pingsan dengan posisi badan masih menggantung di atas tiang listrik. Peristiwa itu dilaporkan ke polisi dan PLN. Selanjutnya korban dievakusi oleh petugas PLN, polisi dan warga.

"Pada tubuh korban ditemukan bekas luka bakar di telapak tangan dan jari kelingking. Hal itu dimungkinkan besar karena tersengat arus listrik," kata Dokter Puskesmas Kelurahan Purwosari, dr Tektona Graha Sanjaya, setelah memeriksa jenazah korban, sebelum diserahkan kepada keluarga. (mbr/mbr)