Rumah Warga di Semarang Roboh Disapu Angin Kencang

Eko Susanto - detikNews
Kamis, 30 Nov 2017 11:26 WIB
Rumah roboh di Kabupaten Semarang akibat angin kencang. Foto: Dok Babinsa Desa Tanjung, Sertu Juriyanto
Semarang - Rumah milik Sunarso (30), warga Krajan RT 05/RW 01, Desa Tanjung, Kecamatan Bringin, Kabupaten Semarang, roboh. Robohnya rumah karena tersapu angin kencang.

Pantauan detikcom di lokasi kejadian, Kamis (30/11/2017), warga masyarakat Dusun Krajan, Desa Tanjung, gotong royong. Warga membersihkan kerangka rumah yang roboh. Selain memilah-milah kerangka maupun genteng yang masih bisa dipakai kembali.

Korban Sunarso mengatakan, rumah roboh terkena angin kencang dengan disertai hujan deras. Ketika itu, tengah bersama istrinya, Nurjanah (27) dan orangtuanya, Rohmat (56), berembuk.

"Saat kami berembuk rencana memperbaiki rumah sekitar pukul 15.00 WIB, Rabu (29/11). Tiba-tiba, kami mendengar suara kretek-kretek terus posisi rumah miring," kata Sunarso saat ditemui detikcom di sela-sela kerja bakti, Kamis (30/11/2017).

Mendengar suara itu, lanjutnya, dia langsung lari keluar menuju bagian depan rumahnya. Rumahnya yang roboh berukuran 6,5x9,5 meter yang terbuat dari kayu.

"Kami bertiga saat itu terus lari keluar dari rumah. Sekarang kami numpang di rumah orangtua," kata Sunarso seraya menyebut rumah orangtuanya berada di sebelah rumahnya.

Dia bercerita anaknya, Eka Ramdani (5), sedang bermain di rumah kakeknya saat perstiwa itu terjadi.

"Kalau genteng tinggal 20 persen saja yang bisa dipakai kembali," tutur pekerja srabutan, itu.

Tetangga korban, Mas An (41), menambahkan, saat kejadian warga mendengar sekitar suara benturan dari ambruknya rumah tersebut.

Menurutnya, jika tidak dihadang pohon di sampingnya, rumah Sunarno bisa jadi akan ambruk ke sungai yang ada di bawahnya.

"Setelah hujan reda, warga berdatangan gotong royong membersihkan reruntuhan rumah. Kemudian dilanjutkan hari ini," ujarnya. (sip/sip)