DetikNews
Rabu 29 November 2017, 22:42 WIB

DIY Siaga Darurat Bencana

Sultan HB X: Keluarkan Dana untuk Bencana, Dasarnya SK Gubernur

Usman Hadi - detikNews
Sultan HB X: Keluarkan Dana untuk Bencana, Dasarnya SK Gubernur Foto: Tim Infografis/ Mindra Purnomo
FOKUS BERITA: Banjir & Longsor di DIY
Gunungkidul - Pemprov DIY telah mengeluarkan SK Gubernur terkait status siaga darurat bencana. Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, berharap bupati dan wali kota di wilayah DIY segera menindaklanjuti SK tersebut.

"Saya berharap bupati menyatakan daerahnya siaga darurat (bencana)," kata Sultan HB X kepada wartawan sesuai meninjau SMK N 1 Tanjungsari, Gunungkidul, Rabu (29/11/2017).

Menurut Sultan, jika bupati atau walikota meningkatkan status daerahnya menjadi siaga darurat bencana, mereka bisa mengakses anggaran tak terduga. Anggaran ini, kata Sultan, bisa digunakan untuk menanggulangi bencana di DIY.

Baca juga: Sultan HB X Tetapkan DIY Status Siaga Darurat Bencana

"Dana tak terduganya bisa untuk membiayai semua keadaan darurat, entah makanan pengungsi, entah itu infrastruktur secara cepat bisa diselesaikan. Dasarnya SK (Gubernur), agar tidak menjadi temuan BPK," imbuhnya.

Bupati Gunungkidul, Badingah, menambahkan pihaknya akan segera menindaklanjuti SK Gubernur tersebut. Gunungkidul secepatnya akan menyusun SK bupati tentang status siaga darurat bencana.

Sebagaimana diketahui, di wilayah DIY sejak Selasa (28/11) terjadi bencana alam di ratusan titik. Menindaklanjuti bencana ini, Pemprov DIY telah mengeluarkan SK Gubernur terkait penetapan status siaga darurat bencana.

Dua kabupaten di DIY juga telah memberlakukan status serupa. Keduanya adakah Kabupaten Bantul dan disusul kemudian Kabupaten Sleman.
(mbr/mbr)
FOKUS BERITA: Banjir & Longsor di DIY
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed