detikNews
Selasa 24 Oktober 2017, 13:36 WIB

Aparat Tangkapi Mahasiswa, BEM UNS Pertanyakan Komitmen Pemerintah

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Aparat Tangkapi Mahasiswa, BEM UNS Pertanyakan Komitmen Pemerintah Keluarga besar BEM UNS (Foto: Bayu Ardi Isnanto)
Solo - Keluarga besar BEM Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengecam tindakan aparat yang melakukan penangkapan terhadap sejumlah peserta demonstrasi refleksi 3 tahun pemerintahan Jokowi-JK. Mereka juga mempertanyakan komitmen demokrasi dari pemerintah saat ini.

Dalam jumpa pers, Presiden BEM UNS angkatan 2005, Ikhlas Tamrin, mempertanyakan sikap pemerintah atas tindakan kepolisian. Menurutnya, pemerintah hanya diam melihat tindakan aparat yang merusak demokratisasi Indonesia.

"Apakah daya rusak aparat, yakni pembungkaman dan diskriminasi hukum itu adalah sikap resmi dari rezim Jokowi-JK? Jika bukan sikap dari rezim pemerintahan saat ini, mengapa pemerintahan hari ini diam membisu melihat tindakan aparat kemarin?" katanya di ruang sidang IV gedung Rektorat UNS, Selasa (24/10/2017).

Baca juga: BEM UNS Tuntut Polisi Cabut Status Tersangka Demo di Depan Istana


Mereka juga menyayangkan adanya tindak kekerasan yang diduga dilakukan oknum aparat saat mengamankan aksi yang berlangsung hingga tengah malam itu. Proses penetapan tersangka pun mereka pertanyakan, lantaran durasinya dinilai terlalu cepat.

"Proses penangkapan dibarengi pemukulan, hingga durasi penetapan menjadi tersangka begitu cepat. Ini membuat sebuah pertanyaan besar terhadap aparat dan rezim yang berkuasa saat ini. Apakah proses demokrasi yang dilakukan adik-adik ini adalah suatu kejahatan? Itu pertanyaan besar kami kepada aparat dan rezim saat ini," lanjutnya.

Sebelumnya, polisi menangkap 14 tersangka, 12 mahasiswa di antaranya dipulangkan. Dua tersangka yang ditahan adalah Ihsan Munawar (STEI-SEBI) dan Ardi (mahasiswa IPB). Selanjutnya polisi menetapkan dua tersangka baru yang bertanggung jawab atas kegiatan demonstrasi, yakni Wildan Wahyu Nugroho (Presiden BEM UNS) dan Panji Laksono (IPB).
(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com