DetikNews
Rabu 18 Oktober 2017, 08:55 WIB

Kiat Menghapal ala Faqih, Juara 3 Hapalan Alquran Tingkat Dunia

Eko Susanto - detikNews
Kiat Menghapal ala Faqih, Juara 3 Hapalan Alquran Tingkat Dunia Faqih disambut warga sepulang dari kejuaraan di Saudi. (Foto: dok. pribadi)
Semarang - Setelah ditelepon dari Kemenag RI untuk berangkat mengikuti Musabaqah Hifzil Quran (MHQ) tingkat internasional di Arab Saudi, Muhammad Abdul Faqih (21), mempersiapkan diri. Salah satunya persiapan yang dilakukan saat itu menyegarkan hapalan 5 juz tiap hari.

"Setelah diberitahu pada bulan Juni 2017, saya terus mempersiapkan diri. Latihan yang dilakukan membaca hafalan tiap hari 5 juz," ujar Faqih saat ditemui di rumahnya di Lopait RT 02/RW 01, Desa Lopait, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Rabu (18/10/2017).

MHQ di Arab Saudi tersebut diikuti 81 negara antara lain dari Nurwegia, Bosnia, Portugal, Malaysia, Brunai Darussalam, Filipina dan Thailand. Selain itu, dari Afrika, Nigeria, Afrika Selatan dan lainnya.

"Tahap pertama penyisihan diikuti 81 peserta. Dalam penyisihan ini yang memperoleh nilai 80 untuk ikut tahap kedua. Dari tahap pertama ke tahap dua yang masuk ada 25 orang," katanya.

Baca juga: Ini Faqih, Juara 3 Kejuaraan Dunia Hafalan 30 Juz Alquran


Lelaki kelahiran 8 Juli 1996 menambahkan, dalam MHQ di Arab Saudi juri dari Bosnia, Palestina, Mesir dan Arab Saudi. Sebagai juara 3, dia berhak atas hadiah uang tunai 80.000 real, kemudian dari Kemenag RI mendapatkan uang pembinaan Rp 32 juta.

"Saya belum tahu nanti mau untuk apa. Harapan kami bisa untuk bermanfaat bagi warga masyarakat Jawa Tengah. Kemudian, bisa menebarkan syiar Alquran dan nantinya bisa menjadi juara di akhirat," tutur dia.

Putera ketiga dari enam bersaudara pasangan KH Muhammad Rifai (50) dan Sri Purwati (48), ini sejak masih duduk di Madrasah Ibtidaiyah sudah menjuarai hafalan Quran tingkat provinsi Jawa Tengah. Cita-citanya sebagai penghapal Quran makin terpupuk ketika nyantri di Demak, kemduian di Ploso (Kediri), hingga sekarang di Ponpes Al-Munawwir Krapyak, Yogyakarta.
(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed