detikNews
Senin 09 Oktober 2017, 13:11 WIB

Sultan HB X Akan Jabat Plt Gubernur DIY Selama 6 Hari

Edzan Raharjo - detikNews
Sultan HB X Akan Jabat Plt Gubernur DIY Selama 6 Hari Sri Sultan HB X. Foto: Edzan Raharjo
Yogyakarta - Masa jabatan Sri Sultan HB X sebagai Gubernur DIY periode 2012-2017 habis tanggal 10 Oktober 2017. Setelah itu Sultan harus menunggu 6 hari lagi untuk dilantik sebagai Gubernur DIY definitif periode 2017-2022.

Direktur Jenderal Otonomi Daerah, Sumarsono mengatakan selama 6 hari jeda tersebut maka diangkat pelaksana tugas (Plt). Hal ini memperhatikan Perdais no 2 tahun 2015 dan Perpres 16/2016 dan perkembangan baru dalam Undang-undang No 10 tahun 2016.

"Maka kita ambil solusi selama 6 hari itu diangkat pelaksana tugas Gubernur DIY, yang Insyaallah akan dijabat oleh Sri Sultan HB X sendiri. Karena filosofinya Gubernur itu ketika akhiri jabatan sebagai Gubernur itu diserahkan kembali kepada Presiden sebagai pemegang kekuasaan tertinggi pemerintah sesuai UUD pasal 4 ayat 1," kata Sumarsono di komplek Kepatihan, jalan Malioboro, Yogyakarta, Senin (9/10/2017).

Setelah dilantik tanggal 16 Oktober maka kembali menjabat Gubernur DIY secara definitif.

"Supaya nyambung dengan keistimewaan dengan Sultan yang bertahta dan seterusnya maka dengan berbagai pertimbangan untuk mengurus proses transisi ini ya biarlah Bapak Sultan sendiri," kata Sumarsono.

Karena posisinya sebagai Pelaksana Tugas, maka kewenangan Sultan pun berbeda dibanding sebagai Gubernur definitif. Apabila ada kebijakan yang strategis maka harus seizin tertulis Mendagri.

Rencananya Sri Sultan HB X akan dilantik di Istana Negara Jakarta oleh Presiden RI tanggal 16 Oktober 2017. Karena pelantikan berlangsung di Jakarta maka anggaran ditanggung oleh pemerintah pusat. Hanya untuk tiket perjalanan Sultan dan jajarannya dari Yogya ke Jakarta ditanggung oleh pemerintah daerah.
(sip/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com