DetikNews
Kamis 17 Agustus 2017, 19:35 WIB

Aksi 171717, TNI di Surakarta Peringati HUT RI di Masjid Agung

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Aksi 171717, TNI di Surakarta Peringati HUT RI di Masjid Agung TNI Surakarta gelar aksi 171717. Foto: Bayu Ardi Isnanto
Solo - Tentara Nasional Indonesia (TNI) di wilayah Surakarta dan sekitarnya menggelar aksi 171717 untuk merayakan HUT ke-72 kemerdekaan Republik Indonesia. Perayaan dilakukan dengan berdoa bersama di Masjid Agung Surakarta.

Acara dimulai sejak sekitar pukul 16.00 WIB dengan sesi khataman Alquran. Ratusan peserta dari jajaran Korem 074/Warastratama, Lanud Adi Soemarmo, Polri dan berbagai organisasi masyarakat dibagi menjadi 30 kelompok. Masing-masing kelompok menyelesaikan 1 juz Alquran.

Mengenakan seragam kesatuan dan ikat kepala merah putih, para aparat khidmat membaca kitab suci. Selesai pukul 17.00 WIB, acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa.
TNI di Surakarta dan sekitarnya menggelar aksi 171717TNI di Surakarta dan sekitarnya menggelar aksi 171717 Foto: Bayu Ardi Isnanto
"Hari kemerdekaan yang biasanya dirayakan dengan hura-hura, kali ini TNI ingin mengajak merayakan dalam bentuk ibadah keagamaan," kata Komandan Korem 074/Warastratama, Kolonel Inf Widi Prasetijono selepas acara, Kamis (17/8/2017).

Tak hanya umat Islam, prajurit beragama lain pun melaksanakan kegiatan ibadah. Umat Nasrani menjalankan doa bersama di Gereja Oikumene kompleks Lanud Adi Soemarmo.

"Umat Hindu dipusatkan di Pura Bhirawa Dharma Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan. Sedangkan umat Buddha di Vihara Dharma Sundara, Pucangsawit, Jebres," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Takmir Masjid Agung Surakarta, HM Muhtarom, mengapresiasi kegiatan positif tersebut. Dengan adanya kolaborasi antar elemen masyarakat, diharapkan persatuan Indonesia menjadi lebih kuat.

"Dengan kolaborasi antara TNI, Polri, masyarakat dan ulama, semoga bangsa Indonesia tidak terpecah belah. Para ulama pun bertanggung jawab untuk mengawal kemerdekaan Indonesia," kata Muhtarom.
(sip/sip)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed