DetikNews
Senin 14 Agustus 2017, 18:10 WIB

Bendungan Jatibarang Semarang Akan Dipasangi Ratusan Panel Surya

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Bendungan Jatibarang Semarang Akan Dipasangi Ratusan Panel Surya Bendungan Jatibarang, Semarang. (Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom)
Semarang - Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan memasang ratusan panel surya di Bendungan Jatibarang, Kota Semarang, Jawa Tengah. Pemasangan panel surya itu akan menjadi yang pertama dilakukan di bendungan Indonesia.

Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementrian PUPR, Imam Santoso, mengatakan panel surya yang akan dipasang itu untuk memasok listrik operasional bendungan dan warga sekitar jika memungkinkan.

"Ini pertama kalinya. Coba di Semarang, kalau memenuhi listrik yang cukup untuk operasi bendungan dan sekitarnya kan bisa mengurangi bebannya," kata Imam kepada detikcom, Senin (14/8/2017).

Bendungan Jatibarang dipilih sebagai lokasi pertama karena menjadi satu-satunya bendungan yang berada di kota dan multifungsi yaitu sebagai suplai air baku, pembangkit listrik, hingga pariwisata.

"Ini contoh panel project pertama karena di tengah kota," tandasnya.

Rencananya, panel yang akan dipasang mulai tahun ini dengan kekuatan 202,8 kwp, jumlah panel yang dipasang sebanyak 624 unit yang dibagi dalam dua baris masing-masing sepanjang 68,2 meter.

"Kalau berhasil, kita kan lagi bangun 65 bendungan, bisa dipasang semua," lanjutnya.
(alg/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed