Kapolda Jateng: Sebagian Besar Pemudik Sudah Kembali ke Jakarta

Arbi Anugrah - detikNews
Minggu, 02 Jul 2017 17:08 WIB
Foto: Arbi Anugrah/detikcom
Banyumas - Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono memantau arus balik di Pos Pam Terpadu Ajibarang, Banyumas, Jawa Tengah. Para pemudik yang masuk ke Jawa Tengah sebagian besar sudah kembali ke Jakarta.

"Untuk pemudik yang masuk Jawa Tengah sebagian besar sudah kembali. Puncaknya pada hari Jumat kemarin sampai Sabtu pagi," kata Condro kepada wartawan di Banyumas, Minggu (2/7/2017).

Menurut dia, dari hasil pantauan melalui udara sejak pukul 09.00 WIB mulai dari arah Timur, kendaraan yang masuk ke Tol Tingkir Salatiga sudah sepi. Demikian pula dengan Tol Brexit dan Pejagan.

"Tadi pagi saya menyisir mulai pukul 09.00 WIB. Mulai dari arah timur yang masuk ke tol Tingkir Salatiga itu sudah sepi. Kemudian saya ke arah Kendal Grinsing juga masih ada sisa-sisa yang masuk ke tol darurat. Kemudian di Brexit sepi dan di Pejagan juga sepi," katanya.

Menurut dia jalur yang terpantau padat malah dari jalur Selatan di Jawa Tengah, yakni kendaraan dari arah Banyumas menuju ke Brebes. Jalur itu didominasi oleh sepeda motor. Kepadatan terpantau menjelang perlintasan kereta api Kretek.

"Yang masih kelihatan padat itu yang dari selatan, dari Purwokerto, Banyumas menuju ke arah Brebes, Pejagan, kemudian kearah Jakarta banyak didominasi oleh sepeda motor," jelasnya.

Dia mengatakan adanya antrean menjelang rel kereta api Kretek, salah satunya disebabkan oleh medan jalan yang naik turun serta menikung sehingga ada hambatan. Hal itu yang menyebabkan terjadinya antrean kemdaraan.

"Karena dari Purwokerto ini turun, ada tikungan kemudian menanjak lagi baru masuk ke rel kereta. Di situ agak ada hambatan medan sehingga terjadi kepadatan. Untuk Jateng besok atau malam ini sudah akan lancar," ucapnya.




(arb/bgs)