Ancaman Ransomware, Pelayanan e-KTP di Brebes Dihentikan

Robby Bernardi - detikNews
Senin, 15 Mei 2017 15:16 WIB
Pengumuman penghentian layanan e-KTP di Brebes. (Foto: Robby Bernardi/detikcom)
Brebes - Layanan e-KTP di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) dan kantor-kantor kecamatan di Kabupaten Brebes, dihentikan total. Lumpuhnya pelayanan itu terkait dengan pemutusan koneksi internet oleh petugas, sebagai antisipasi serangan virus global ransomware wannacry yang bisa merusak database e-KTP.

Ratusan warga Brebes yang hendak melakukan perekaman e-KTP dan pembuatan surat keterangan pengganti e-KTP pada hari ini tidak bisa dilayani.

Petugas juga belum bisa memastikan batas waktu kapan pelayanan pembuatan e-KTP dan surat keterangan pengganti e-KTP bisa kembali normal.

"Saya hari Jumat sudah kemari dan diminta datang lagi hari ini, ternyata tidak bisa. Katanya problem jaringan. Terpaksa pulang lagi, tidak tahu sampai kapan bisanya," kata Wahyudi, salah satu pemohon e-KTP di Brebes, Senin (15/5/2017).

Langkah pemutusan koneksi internet ini dilakukan setelah Dispendukcapil Kabupaten Brebes menerima surat edaran dari Kementrian Komunikasi dan Informatika untuk menjaga keamanan database e-KTP dengan mematikan jaringan internet.

Administrator Database Kantor Dispendukcapil Brebes, Andri Rizki Prasetyo, menegaskan pihaknya hanya bisa melayani secara manual.

"Untuk antisipasi, server dimatikan dari internet. Kalau dari surat edaran, kita lihat hanya hari ini saja, belum tahu persis sampai kapannya," jelasnya.

Selain mengganggu pelayanan di Kantor Dispendukcapil, pelayanan perekaman e-KTP di 19 kecamatan di Kabupaten Brebes juga dihentikan sementara waktu. (mbr/mbr)