DetikNews
Jumat 21 Apr 2017, 13:47 WIB

Resmikan Pasar Klewer, Jokowi: Jangan Kalah dengan Mal

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Resmikan Pasar Klewer, Jokowi: Jangan Kalah dengan Mal Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Solo - Presiden Joko Widodo meresmikan bangunan Pasar Klewer baru di Solo. Dalam sambutannya, presiden meminta agar Pasar Klewer berkembang menjadi pasar rakyat yang modern yang tak kalah dengan mal besar.

"Pasar Klewer tidak boleh kalah dengan mal-mal besar. Harus menjadi pasar tradisional yang modern, aman dan enggak ada yang kecopetan," kata Jokowi, Jumat (21/4/2017).

Dia berpesan kepada pedagang untuk merawat pasar unggulan di Kota Solo itu. Presiden tidak ingin pasar yang dibangun dengan dana APBN Rp 157,8 miliar itu kotor dan rusak karena tidak dirawat.

"Jangan sampai satu dua tahun nanti pasar sudah kotor, harus dirawat. Papan nama kios atau toko harus diatur lagi. Kabel-kabel yang dulu kleweran (bergelantungan -red), sekarang jangan ada lagi," ungkapnya.

Meski diharapkan menjadi pasar modern, menurutnya Pasar Klewer tetap harus mempertahankan ciri khasnya dengan aktivitas tawar-menawar. "Pasar ini punya ciri khas, bisa tawar-menawar dengan pedagang, keramahan pedagang, harga terjangkau," kata Jokowi.

Usai terbakar akhir 2014 lalu, Pasar Klewer dibangun lagi menjadi empat lantai, yaitu basement, semi-basement, lantai 1 dan lantai 2. Lantai basement digunakan sebagai area parkir, sedangkan semi-basement hingga lantai 2 digunakan untuk berjualan.

Pasar menampung sejumlah 2.639 pedagang. Rinciannya, sebanyak 1.694 pedagang menempati 1.714 kios. Sisanya, 945 pedagang pelataran menempati los di lantai 2.
(mbr/mbr)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed