DetikNews
Rabu 22 Maret 2017, 12:47 WIB

Produksi Bengkel 'Arjuna'; Andong Tetangga, Properti Film hingga Kereta Istana

Sukma Indah Permana - detikNews
Produksi Bengkel Arjuna; Andong Tetangga, Properti Film hingga Kereta Istana Kereta Kencana Ki Jaga Raksa (Foto: Koleksi Widi Rahmanto)
Sleman - Bengkel 'Arjuna' milik Widi Rahmanto tak pernah sepi dari pesanan. Mulai dari menerima order para tetangga, pembuatan porperti film, hingga pembuatan kereta kencana pembawa bendera pusaka. Hanung Bramantyo dan Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi, adalah pelanggannya.

Bengkel 'Arjuna' memang baru berdiri selama dua tahun. Namun pemesan dan pelanggannya tak hanya para kusir andong tetangganya. Widi juga menerima pesanan kereta kuda untuk properti film hingga kebutuhan kereta kirab yang dipesan oleh pemerintah.

Sutradara film Hanung Bramantyo, termasuk yang memesan kereta kuda kepada Widi untuk properti film 'Kartini' yang sedang digarapnya. Menurut Widi, Hanung datang sendiri ke bengkelnya untuk menyerahkan desain yang dipesan. Hanung memesan empat kereta kuda dengan model yang berbeda-beda. Widi membanderol empat kereta dengan harga Rp 300 juta.

Baca juga: Mengunjungi Bengkel Andong 'Arjuna' di Sleman yang Laris Manis

"Ada yang kereta terbuka, ada juga yang pakai kaca. Karena saya kerjasama dengan Kakak dan di Wonosobo selesainya sekitar 6 bulan," kata Widi.

Namun dari sekian banyak kereta yang pernah dibuatnya, Kereta Ki Jaga Raksa adalah yang hingga saat ini paling berkesan di benaknya. Kereta kencana yang dibuatnya bersama sang ayah pada tahun 2010 itu itu pesanan dari Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi.

Kereta bercat hitam putih ini menjadi sorotan masyarakat Indonesia karena tugasnya membawa bendera pusaka dari Monas menuju Istana Negara di Upacara Kemerdekaan 17 Agustus 2016 lalu.

"Bahkan saya sempat diminta Pak Dedi (Mulyadi) untuk datang ke Purwakarta guna menyiapkan kereta sebelum diboyong ke Jakarta. Saya ke Jakarta juga, menunggui kereta itu sampai di Komando Garnisun," tutur Widi.
(sip/mbr)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed