Suara Mirip Tangis Perempuan Bikin Heboh di Bantul, Warga Duga Ini Sumbernya

Pradito Rida Pertana - detikNews
Kamis, 09 Apr 2020 18:20 WIB
Bulan
Ilustrasi. Foto: NASA
Bantul -

Warga Dusun Payaman, Desa Girirejo, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul dihebohkan dengan suara misterius menyerupai suara tangis perempuan yang berasal dari semak-semak perkebunan. Warga menduga suara tangis itu berasal dari suara musang yang birahi.

Dugaan itu muncul setelah warga membandingkan suara tersebut dengan video binatang di YouTube. Terlebih, para tokoh di Dusun Payaman membenarkan jika suara itu adalah suara binatang. Tak hanya itu, suara yang sempat membuat warga Dusun Payaman panik saat ini sudah tidak terdengar lagi.

"Sudah aman kok sekarang, warga sudah terkondisikan dan suara itu (tangis wanita) juga sudah tidak terdengar lagi. Banyak mengarah itu sebenarnya suara binatang, karena saat ini musim kawin musang atau luwak," kata Kepala Dusun Payaman, Mindarto saat dihubungi detikcom, Kamis (9/4/2020).

Dugaan itu mencuat setelah pihaknya melakukan penelusuran melalui video di YouTube. Dari penelusuran itu pihaknya mendapati suara serupa dan membandingkannya, suara menyerupai tangis perempuan itu diduga berasal dari musang yang sedang birahi.

Menurut informasi yang didapat pihaknya, musang betina akan mengeluarkan suara khas yang keras untuk memanggil musang jantan. Hal ini pun sudah dijelaskan kepada warga agar menciptakan suasana kondusif di tengah pandemi virus Corona (COVID-19).

"Setelah diamati ternyata musim kawin luwak, orang-orang sepuh (tua) itu juga bilang kalau suara itu suara luwak birahi," ucap Mindarto.

Sebelumnya, Mindarto menjelaskan kejadian suara tangis perempuan itu terjadi pada Senin (6/4/2020) malam. Saat itu warga mendengar suara tangisan perempuan dari kebun yang berada di dekat lapangan dusun tersebut.

"Hari Senin jam 9 malam tiba-tiba saja terdengar suara tangisan wanita yang berasal dari kebun di selatan lapangan (Dusun Payaman). Suara itu terdengar dari jam 9 sampai jam 2 pagi," kata Mindarto.

Selanjutnya
Halaman
1 2